7 Destinasi Wisata Terbaru di Gunungkidul Jogja, Paling Hits di 2024

7 Destinasi Wisata Terbaru di Gunungkidul Jogja, Paling Hits di 2024
7 Destinasi Wisata Terbaru di Gunungkidul Jogja, Paling Hits di 2024. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Destinasi wisata di Guungkidul Yogyakarta tidak pernah ada habisnya. Bahkan saat ini banyak bermunculan spot-spot wisata baru yang otentik dan menawarkan pengalaman rekreasi yang menjanjikan.

Dilansir dari Channel Youtube Friska Yeni pada Jumat, 31 Mei 2024, berikut tujuh destinasi wisata di Gunungkidul yang mesti kamu jajal saat berkunjung ke Jogja:

1. Jungwok Blue Ocean

Yang pertama adalah Jungwok Blue Ocean. Tempat wisata ini bisa dibilang wisata baru paling hits di daerah Gunung Kidul dengan konsep ala Santorini. Harga tiket masuk di weekday sebesar Rp30.000 per orang dan di weekend sebesar Rp35.000 per orang.

Untuk anak usia 2 tahun ke atas atau tinggi di atas 80 cm sudah bayar full tiket masuk ya. Masuk ke tempat wisata ini kita dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, tapi tenang aja karena di dalam terdapat fasilitas resto dan cafe.

Jungwok Blue Ocean memiliki restoran dan cafe yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Menu makanan di restoran Jungwok Blue Ocean juga bervariasi, mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga makanan internasional.

Area settingnya juga banyak, kalian bisa pilih di indoor ataupun outdoor. Keunikan tempat wisata ini adalah bangunannya yang berbentuk unik dan berwarna biru putih, menyuguhkan panorama Laut Selatan.

Jadi selain bisa berfoto-foto dan menikmati bangunan ala Santorini, para pengunjung juga akan disuguhi keindahan panorama Laut Selatan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Jungwok Blue Ocean adalah saat sore hari tiba atau menjelang sunset karena kalau siang hari tempatnya sangat panas. Dari atas bukit ini, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sunset di Pantai Jungwok yang sangat indah.

Jungwok Blue Ocean juga tempatnya kids-friendly karena di sini menyediakan playground untuk anak. Setiap weekend tiba, di sini juga ada live music yang siap menemani kalian.

Jungwok Blue Ocean ini adalah surganya buat pecinta foto karena setiap sudutnya Instagrammable banget. Dan enaknya lagi, semua spot foto di sini gratis tanpa biaya tambahan. Untuk area outdoor-nya, spot ini sangat menarik.

Kita juga bisa duduk lesehan di bean bag sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar, tapi jangan siang-siang ya karena sangat terik. Di sini juga ada kolam renang mini dengan pasir putih ala pantai, dan menariknya lagi, wisata ini juga ada beach club-nya.

Jadi, buat kalian yang kangen dengan suasana Bali atau mau ke beach club nggak usah jauh-jauh ke Bali karena di sini juga ada beach club yang tempatnya nggak kalah kece.

2. Pantai Jungwok

Yang kedua adalah Pantai Jungwok. Kalau kalian berkunjung ke Jungwok Blue Ocean, jangan sampai melewatkan untuk mampir ke Pantai Jungwok ya guys karena masih dalam satu kawasan. Kalian tinggal turun ke bawah saja kalau dari arah Jungwok Blue Ocean.

Area parkir di pantai ini juga cukup luas dan jarak dari parkiran menuju pantai itu dekat banget. Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai yang memiliki panorama indah dengan pasir putih khas pantai di Gunung Kidul. Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang masih alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Di Pantai Jungwok tersedia penyewaan payung dan tikar dengan biaya sewa sebesar Rp25.000. Kalian bisa duduk lesehan di pinggir pantai sambil menikmati segarnya kelapa muda. Para wisatawan yang mau camping di sini juga bisa menyewa tenda sekitar Rp50.000 sampai Rp70.000 per tenda.

Kalau kamu bawa tenda sendiri, cukup bayar Rp5.000 untuk biaya kebersihan. Ombak di Pantai Jungwok juga nggak terlalu besar, jadi aman buat bocil yang mau bermain pasir dan di tepi pantai.

3. Pantai Wediombo

Yang ketiga adalah Pantai Wediombo. Pantai ini adalah salah satu pantai terindah dan tercantik di Gunung Kidul. Untuk masuk ke kawasan Pantai Wediombo kita dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang.

Area parkirnya cukup luas, bisa menampung kendaraan motor dan juga bus pariwisata. Untuk menuju pantai, kita harus turun ke bawah lumayan jauh, tapi tenang saja karena di sini ada jasa ojek dengan tarif Rp5.000 dari area parkir atas sampai ke area pantai.

4. Stone Valley

Yang keempat adalah Stone Valley by HeHa. Tempat ini adalah destinasi wisata baru yang sedang populer di Gunung Kidul, Jogja. Di sini, kita akan dikenakan biaya retribusi masuk kawasan objek wisata Pantai Gunung Kidul sebesar Rp10.000 per orang.

Area parkir kendaraannya juga cukup luas, terpisah antara area motor dan mobil. Harga tiket masuknya sebesar Rp20.000 per orang untuk anak usia 2 tahun ke atas sudah dikenakan full tiket masuk. Ke wisata ini kita dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, tapi tenang saja karena di dalam wisata ini terdapat food stall, cafe, dan resto.

5. Goa Pindul

Yang kelima adalah Goa Pindul. Goa Pindul ini adalah objek wisata berupa gua yang terletak di desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Pindul dikenal karena cara menyusuri gua dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua atau yang biasa disebut dengan cave tubing.

Untuk trip kali ini, kita bisa menggunakan travel dari Jogja. Goa Pindul ini mempunyai pelayanan yang baik, tempat yang memadai, ada resto, toilet, loker, kamar ganti, kamar mandi, ada juga homestay atau penginapannya.

6. Pantai Selili

Yang keenam adalah Pantai Selili. Pesona keindahan dari Pantai Selili juga nggak perlu diragukan lagi. Harga tiket masuk Pantai Selili sebesar Rp10.000 per orang, dengan HTM tersebut sudah termasuk harga tiket masuk wisata pantai lainnya di sekitar Pantai Selili seperti Pantai Sadranan, Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan beberapa pantai lainnya.

Lokasi Pantai Selili cukup mudah dijangkau karena jalur menuju pantai sudah bagus sehingga nggak perlu melalui jalur yang menantang.

7. Pantai Indrayanti

Yang ketujuh adalah Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti adalah wisata pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta yang sudah populer dan menjadi favorit pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota.

Kalau kalian berwisata ke Pantai Indrayanti, pengunjung juga bisa wisata ke pantai lain seperti Pantai Selili, Sundak, dan Sadranan karena lokasinya berdekatan. Tiket masuk kawasan pantainya sebesar Rp10.000. Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai cantik di Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan khas Laut Selatan yang luas dengan air yang jernih.

Demikian informasi tentang tujuh rekomendasi destinasi wisata Gunung Kidul, Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur di Yogyakarta. Semoga informasi ini bermanfaat untuk rencana liburanmu ke depannya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index