Wisata Wonosobo Bukan Cuma Dieng! Nih Hidden Gem Healing di Danau View Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing Modal Rp5 Ribu Aja

Wisata Wonosobo Bukan Cuma Dieng! Nih Hidden Gem Healing di Danau View Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing Modal Rp5 Ribu Aja

RUANGBOGOR - Siapa bilang wisata di Wonosobo cuma Dieng aja? Nih, ada satu tempat wisata hidden gem yang bikin kamu tenang dan betah alias maunya liburan terus nggak mau balik ke ibu kota lagi.

Wisata hidden gem Wonosobo ini namanya Telaga Menjer. Meski tidak sepopuler Dieng, namun kecantikan tempat wisata healing ini tak perlu diragukan lagi.

Telaga Menjer berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa mendapatkan view danau yang sangat cantik dengan latar Gunung Sindoro yang gagah banget.

Telaga Menjer ini memang spesial. Terletak hanya sekitar 8 km dari pusat kota Wonosobo, telaga ini disebut-sebut sebagai danau terluas di kaki Dieng dengan kedalaman mencapai 45 meter.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa telaga yang berada di ketinggian 1.300 mdpl ini terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja yang dahsyat. Selain menjadi tempat wisata yang menenangkan, telaga ini juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air.

Untuk masuk ke Telaga Menjer, kamu harus membayar seharga Rp5 ribu per orang dan juga biaya parkir kendaraan. Cukup terjangkau, bukan?

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Telaga Menjer. Salah satunya adalah menikmati keindahan floating garden yang jadi spot favorit untuk selfie dengan latar belakang pemandangan telaga dan Gunung Sindoro.

Buat yang hobi memancing, Telaga Menjer menyediakan berbagai jenis ikan yang siap memuaskan hasrat memancingmu.

Tidak ketinggalan, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi telaga. Dengan tarif sekitar Rp 20.000 per orang, kamu bisa menikmati ketenangan air telaga sambil mengagumi panorama alam sekitarnya.

Jika kamu ingin melihat keindahan Telaga Menjer dari ketinggian, Bukit Seroja adalah tempat yang pas. Terletak di tepi telaga, bukit ini menawarkan pemandangan yang luar biasa, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Ini adalah spot yang wajib dikunjungi bagi para pecinta fotografi dan pemburu pemandangan alam.

Kabar baiknya, Telaga Menjer buka selama 24 jam! Jadi, kamu bebas memilih waktu kunjungan yang paling nyaman. Untuk mencapai telaga ini, ada beberapa rute yang bisa diambil. 
Dari Dieng, Telaga Menjer berjarak sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Kamu bisa melewati Jalan Dieng dan Jalan Desa Serang.

Sedangkan dari Alun-alun Wonosobo, jarak tempuhnya sekitar 10,7 kilometer dengan waktu sekitar 24 menit. Rutenya bisa melalui Jalan KH Abdurrahman Wahid, Jalan Dieng, dan Jalan Indah Syachar.

"Saran aja kalau mau kesini pas weekday biar bisa santai foto di perahu," kata Yanti, salah satu pengunjung.

"Wajib untuk mencoba tur keliling Telaga Menjer naik perahu apabila berkunjung ke sini. Suasana tenang, udara sejuk cocok untuk pelepas penat," ujar Salman.

"Pemandangannya bagus banget. Tempatnya sejuk dan adem," ujar Tri.

Jadi, jangan sampai lewatkan liburan akhir pekan ini tanpa mengunjungi Taman Menjer Wonosobo ya. Dijamin jadi wisata healing terbaik sebelum kembali ke ibu kota deh.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index