Bosan Makan Daging Saat Idul Adha, Mending Jajan Ini: Ada 5 Asinan Makyus di Bogor yang Segarnya Bikin Cespleng

Bosan Makan Daging Saat Idul Adha, Mending Jajan Ini: Ada 5 Asinan Makyus di Bogor yang Segarnya Bikin Cespleng
Bosan Makan Daging Saat Idul Adha, Mending Jajan Ini: Ada 5 Asinan Makyus di Bogor yang Segarnya Bikin Cespleng. (Freepik)

RUANGBOGOR -- Iduladha adalah momen dimana warga Indonesia menikmati berbagai olahan daging. Dari mulai daging domba dan daging sapi, pasti menjadi kudapan selama sepekan penuh.

Namun jika kamu bosan dengan olahan daging, alangkah baiknya kamu mengganti menu makanan dengan asinan yang makyus banget. Bogor merupakan kota tempat asinan-asinan legendaris muncul.

Dilansir dari Channel Youtube 10 Best ID pada Senin, 17 Juni 2023, berikut rekomendasi asinan Bogor yang terkenal dan legendaris yang bisa bikin otak kamu cespleng:

1. Asinan Bogor di Jalan Insinyur Haji Juanda

Tempat ini sudah ada sejak tahun 1990-an dan tidak memiliki nama khusus, hanya memasang tulisan besar 'Asinan Asli Bogor.' Terletak dekat dengan Museum Zoologi dan Kebun Raya Bogor, membuatnya populer di kalangan wisatawan. Menawarkan asinan umum serta manisan anggur hijau yang unik dan segar.

2. Asinan Sedap Gedung Dalam di Sukasari

Dikenal sebagai oleh-oleh khas Bogor, toko ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Sudah berdiri sejak puluhan tahun, tetap mempertahankan cita rasa dan kualitas kesegarannya.

Menyediakan asinan buah dan asinan sayuran, menggunakan buah lokal seperti pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, salak, dan pala. Potongan buah direndam dalam air gula pasir sebelum disiram kuah cabai asli untuk memberikan rasa yang lebih sedap.

3. Asinan Jagung Bakar Pak Sabor

Berdiri sejak tahun 1968, asinan ini berbeda karena menggunakan pipilan jagung bakar. Satu porsinya terdiri dari pipilan jagung bakar, cincangan timun segar, dan kuah yang asin, asam, dan pedas. Kuahnya dibuat dari gula pasir putih, garam, kuah cabai, dan cuka dari air aren yang difermentasi.

4. Asinan Angeles di Jalan Taman Pajajaran Merah Katulampa

Meski baru dibandingkan asinan legendaris lainnya, tempat ini cepat menjadi favorit wisatawan. Ciri khasnya adalah kuah merah dengan kombinasi rasa asam, pedas, asin, dan tambahan kacang tumbuk yang unik. Isiannya sama seperti asinan Bogor pada umumnya. Selain asinan, tempat ini juga menyediakan aneka sambal dan snack untuk dibawa pulang.

5.Asinan Ahok di Gang Aut

Termasuk legendaris di kawasan kuliner Danau, sudah berjalan tiga generasi. Menawarkan asinan buah dan sayuran yang cocok sebagai oleh-oleh khas Bogor. Kuah merahnya terbuat dari gula aren, cabai merah, dan sedikit campuran ebi, memberikan rasa khas yang unik.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index