Wisata 5 Kota Terdingin di Indonesia Enak Banget Udaranya Bikin Pikiran Rileks!

Wisata 5 Kota Terdingin di Indonesia Enak Banget Udaranya Bikin Pikiran Rileks!
Wisata 5 Kota Terdingin di Indonesia Enak Banget Udaranya Bikin Pikiran Rileks

RUANGBOGOR – Sebagai negara tropis, Indonesia tidak memiliki musim dingin dan memiliki suhu rata-rata yang relatif hangat sepanjang tahun. Namun, beberapa kota di Indonesia memiliki suhu udara dan atmosfer yang lebih dingin dan sejuk dibandingkan kota-kota lainnya. 

Jika kamu menginginkan pergi wisata dengan suasana baru untuk menyejukkan pikiran, kota terdingin di Indonesia ini bisa jadi alternatif destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah lima daerah terdingin yang ada di Indonesia.

1. Gayo Lues, Aceh
Gayo Lues, hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tenggara, terletak di Provinsi Aceh. Kota ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga memiliki atmosfer udara yang sejuk. Gayo Lues menjadi salah satu gerbang untuk pendakian Gunung Leuser. Beberapa objek wisata lainnya yang bisa dijelajahi antara lain pemandian air panas di Puri Betung, air terjun Akang Siwah di Kecamatan Blang Pegayon, air terjun Rerebe di Kecamatan Tripa Jaya, hingga Kampung Inggris di Agusen.

2. Kota Mulia, Papua Tengah
Kota Mulia adalah pusat pemerintahan atau ibu kota Kabupaten Puncak Jaya di Provinsi Papua Tengah. Terletak di ketinggian 2.448 mdpl, kota ini merupakan satu-satunya daerah berpenghuni di Pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya. Suhu udara di kota Mulia bisa mencapai hanya 9 derajat Celsius, bahkan pada saat-saat tertentu bisa mencapai titik beku. Berkunjung ke kota ini dapat memberikan pengalaman atmosfer bak musim dingin di luar negeri.

3. Berastagi, Sumatera Utara
Berastagi adalah destinasi kota terdingin di Provinsi Sumatera Utara, terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung dengan ketinggian 1.300 mdpl. Kondisi geografis Berastagi membuat suhu tahunan rata-rata mencapai 18 derajat Celsius, dan suhu terdingin bisa mencapai 9 derajat Celsius saat musim hujan. Kota ini memiliki ekonomi yang berpusat pada perdagangan buah dan sayuran serta industri pariwisata. Beberapa objek wisata yang bisa dijelajahi antara lain Puncak Tang Kete Berastagi, Bukit Gundaling, Taman Alam Lumbini, hingga Museum Pusaka Karo.

4. Mamasa, Sulawesi Barat
Mamasa, sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian bervariasi antara 600 hingga 2.000 mdpl. Kota ini tidak memiliki garis pantai sama sekali dan memiliki hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat Celsius. Atmosfer yang sejuk dan asri membuat Mamasa menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia yang layak dikunjungi.

5. Dieng, Jawa Tengah
Dieng merupakan kawasan di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah, dengan ketinggian di atas 2.000 mdpl. Suhu di Dieng berkisar antara 12 sampai 20 derajat Celsius di siang hari dan turun menjadi 6 sampai 10 derajat Celsius di malam hari. Pada musim kemarau, suhu di Dieng dapat turun hingga 0 derajat Celsius. Dieng menawarkan pemandangan indah dan suasana yang sejuk, cocok untuk menyegarkan pikiran.

Itulah berbagai destinasi kota terdingin di Indonesia yang tentu menawarkan atmosfer berbeda. Jika kamu ingin mencari suasana baru yang sejuk dan menyegarkan, kota-kota ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index