Kolam Renang dari Sumber Mata Air Alami Ini Ada di Sentul, Airnya Seger Kebangetan!

Kolam Renang dari Sumber Mata Air Alami Ini Ada di Sentul, Airnya Seger Kebangetan!
Kolam Renang dari Sumber Mata Air Alami Ini Ada di Sentul, Airnya Seger Kebangetan. (GMAPS/Alif Sidiq)

RUANGBOGOR -- Ada spot healing Bernama Telaga Ciburial yang berada di Sentul, Bogor. Tempat ini cocok untuk berwisata bersama keluarga, terutama bagi kalian yang ingin menikmati suasana alam yang segar dan sejuk.

Perjalanan bisa dimulai dari Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Sentul Selatan. Setelah keluar, ambil jalur kiri menuju Yasmin Dramaga. Untuk memudahkan perjalanan, ketik di Google Maps 'Wisata Air Telaga Ciburial'.

Setelah bertemu dengan Terminal Laladon dan pertigaan dengan tanda 'Ibnu Aqil Education Center', belok kanan dan lanjutkan perjalanan hingga menemukan jembatan berwarna putih. Setelah melewati jembatan, belok kiri ke Jalan Raya Ciherang. Terus ikuti jalan ini sampai menemukan pasar kecil dan ambil arah kanan di pertigaan berikutnya.

Di Jalan Kelapa 7, ikuti petunjuk jalan menuju Curug Nangka. Jalur menuju Telaga Ciburial ini searah dengan Curug Nangka. Ketika kalian menemukan ruko dengan rolling door biru, sumber mata air sudah dekat. Belok kanan di gang sempit menurun. Untuk kendaraan besar seperti bus, parkir di luar gang karena jalurnya tidak memungkinkan untuk kendaraan besar.

Dari gang masuk, perjalanan menuju tempat wisata hanya sekitar 200 meter. Ikuti tanda-tanda bangunan yang menunjukkan arah ke tempat penjualan tiket. Berikut informasi harga tiket dan tarif parkir di Telaga Ciburial.

Masuk ke area parkir harus ekstra hati-hati, terutama bagi pengendara mobil karena belokan menukik dan turunan tajam. Setelah perjalanan yang menantang, kita akan sampai di tempat parkir dengan selamat. Parkirnya cukup luas, namun masih berupa tanah sehingga mungkin akan becek saat hujan.

Wisata Alam

Wisata ini mengusung konsep pemandangan alam dengan sawah dan kolam renang yang airnya bersumber langsung dari mata air, sehingga jernih dan dingin tanpa kaporit.

Telaga Ciburial memiliki beberapa kolam renang, terbagi menjadi bagian atas dan bawah. Di bagian atas, terdapat kolam dengan kedalaman 1,5 meter dan dua kolam untuk anak-anak. Di bagian bawah, ada tiga kolam; dua dengan dasar batu-batuan dan satu berwarna biru dengan perosotan yang memacu adrenalin.

Di bagian bawah juga terdapat sungai. Namun, area ini terlihat sedikit kotor dan kurang terawat. Kolam dengan dasar batu-batuan memiliki air yang jernih tetapi banyak lumut sehingga licin. Semoga pengelola dapat memperhatikan kebersihan area ini.

Fasilitas Penunjang

Fasilitas di Telaga Ciburial cukup lengkap. Terdapat saung-saung estetik yang bisa digunakan gratis, mushola yang cukup luas dengan konsep terbuka meski lantainya agak kotor dan mukena yang terbatas, serta aula luas dekat parkiran yang cocok untuk family gathering.

Toilet dan kamar bilas ada di dua lokasi, dekat kolam renang bagian atas dan bawah. Warung makanan juga tersedia di dua lokasi, dengan harga makanan dan minuman yang terjangkau. Contohnya, mie rebus dengan telur seharga Rp15.000.

Secara keseluruhan, wisata air Telaga Ciburial sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Harga yang terjangkau dan suasana yang sejuk membuat tempat ini menjadi pilihan tepat untuk rekreasi keluarga. Meski ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki oleh pengelola, pengalaman di Telaga Ciburial tetap menyenangkan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index