Wisata Air Kids Friendly di Darmaga Bogor, Ada Kolam Renang 4 Tingkatan yang Punya Pemandangan Menakjubkan

Wisata Air Kids Friendly di Darmaga Bogor, Ada Kolam Renang 4 Tingkatan yang Punya Pemandangan Menakjubkan
Wisata Air Kids Friendly di Darmaga Bogor, Ada Kolam Renang 4 Tingkatan yang Punya Pemandangan Menakjubkan. (GMAPS/Seno Aditya)

RUANGBOGOR -- Bogor punya beragam tempat wisata air, dari yang mahal sampai terjangkau tiket masuknya. Salah satunya adalah kolam renang Aldepos yang berlokasi di Tenjolaya, Bogor Barat.

Bagi yang memiliki rencana untuk datang ke sini, bisa berpatokan dari kampus IPB Dramaga Bogor. Untuk sampai ke kolam renang Aldepos, memakan waktu sekitar 40 menit dari gerbang utama kampus IPB. Dari pintu gerbang utama IPB, kita hanya perlu berjalan lurus hingga bertemu dengan simpangan Cinangneng, kemudian belok kiri.

Bagi pembaca yang sudah pernah ke Kolam Renang Tirta Ciburial dan Gua Quran, belokannya sama ya. Kalau mau ke Aldepos, kita juga akan melewati Kolam Renang Tirta Ciburial. Dari belokan tadi, sekitar 30 menit lagi kita akan sampai di kolam renang Aldepos.

Jalan menuju ke Aldepos ada yang rusak, tapi kebanyakan mulus. Pemandangannya sangat indah. Di kejauhan, kita bisa melihat Gunung Salak. Setelah masuk kawasan Pasar Jumat, ini tandanya kita sudah dekat dengan lokasi kolam renang Aldepos.

Di pintu masuk kolam renang Aldepos, terdapat tulisan 'Selamat datang di kampus Aldepos Boarding School'. Tidak ada tulisan kolam renangnya, jadi ingat patokannya ini ya. Untuk ke kolam renang, kita ambil jalan lurus ke atas.

Di samping kiri, ada masjid Aldepos yang megah dengan miniatur Ka'bah yang biasanya digunakan untuk latihan manasik haji anak-anak sekolah.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Parkiran untuk mobil di kolam renang Aldepos cukup luas, dengan biaya parkir Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Harga tiket masuk (HTM) kolam renang Aldepos hanya Rp10.000, baik hari libur maupun hari biasa.

Setelah masuk, di sebelah kanan pintu masuk terdapat mushola sederhana. Di sebelah mushola, berjejer kamar mandi hingga ujung. Sebelum naik ke tempat kolamnya, terdapat kolam ikan dan warung snack. Suasana di sini adem banget, dengan hawa dingin. Terdapat kantin dan tempat lesehan dengan pemandangan kebun.

Di sebelah kanan tangga menuju kolam renang, terdapat kamar mandi bilas perempuan. Kamar mandi bilasnya banyak dan bersih. Di bagian atas, terdapat kolam pertama dengan kedalaman 2 meter dan kursi-kursi besi di area rooftop. Kursi-kursi ini cocok untuk duduk-duduk menunggu teman yang berenang.

Kolam kedua memiliki empat perosotan, sedangkan kolam ketiga memiliki kolam arus yang mengelilingi kolam tersebut. Di area paling atas, terdapat kolam anak-anak dengan perosotan kecil dan ayunan. Di sini juga terdapat kantin dengan jajanan seperti Pop Mie dan snack lainnya.

Keistimewaan kolam renang Aldepos adalah harga tiket masuk yang sama antara hari libur dan hari biasa, yaitu Rp10.000 saja. Kolam renang ini juga memiliki kolam arus yang mengelilingi kolam utama, serta banyak area untuk duduk-duduk dan piknik. Banyak keluarga yang gelar tikar untuk menikmati santapan yang dibawa dari rumah.

Kolam Renang Unik

Area paling bawah dari kolam renang Aldepos memiliki kolam dengan perosotan dan kantin di sisi kiri dan kanan. Jadi, Sobat Ulin bisa memilih berenang di kolam mana dulu sebelum lanjut ke kolam lainnya. Kolam renang ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena harganya murah dan fasilitasnya lengkap.

Untuk kamar mandi dan tempat ganti pakaian, tersedia di setiap area kolam. Keamanan barang-barang pribadi harus dijaga sendiri karena tidak ada petugas yang berjaga. Namun, suasana di sini sangat nyaman dan aman untuk bersantai.

Itulah ulasan tentang kolam renang Aldepos Tenjolaya. Buat Sobat Ulin yang ingin merasakan sejuknya air pegunungan dan menikmati suasana alam yang asri, boleh banget datang ke sini, baik di hari libur maupun hari biasa. Kolam renang Aldepos ini sangat recommended untuk dijadikan tempat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index