10 Tempat Wisata Baru 2024 di Semarang yang Layak Dikunjungi Saat Weekend atau Liburan Panjang

10 Tempat Wisata Baru 2024 di Semarang yang Layak Dikunjungi Saat Weekend atau Liburan Panjang
10 Tempat Wisata Baru 2024 di Semarang yang Layak Dikunjungi Saat Weekend atau Liburan Panjang

RUANGBOGOR – Semarang tak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan beragam potensi wisata yang sayang jika dilewatkan. Bagi kamu yang sedang menyusun itinerari liburan ke Semarang, jangan lupa memasukkan beberapa tempat wisata baru ini ke dalam daftar kunjunganmu.

Santosa Park

Santosa Park kini hadir dengan berbagai wahana baru yang lebih seru. Berlokasi di Jalan Raya Karang Malang, Desa Pasigitan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, tempat wisata ini sangat dekat dari Ungaran, Semarang. Santosa Park buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Dahulu hanya memiliki area berkuda, sekarang Santosa Park telah menambah wahana seperti seluncuran pelangi, luge track, sepeda elektrik, ATV, playground, spot foto, dan perahu. Tiket masuk Santosa Park adalah Rp10.000 per orang pada hari Senin sampai Jumat dan Rp15.000 per orang pada akhir pekan dan hari libur nasional. Tarif wahana berbeda mulai dari Rp5.000 hingga Rp50.000 per wahana.

Vinusia Park

Tak jauh dari kota Semarang, tepatnya di Ungaran, ada wisata baru bernama Vinusia Park yang berada di dalam hutan pinus rindang. Tempat ini memiliki fasilitas ramah anak dan keluarga seperti playground dan mini zoo. Lokasinya berada di Desa Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Vinusia Park buka dari Senin sampai Kamis pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore, sedangkan Jumat sampai Minggu buka dari pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam. Tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk masuk hutan pinus, dan Rp15.000 untuk tiket terusan semua area.

New Celosia

Taman Bunga Celosia atau New Celosia adalah salah satu tempat wisata unggulan di Bandungan, Kabupaten Semarang. Setelah diluncurkan pada bulan April tahun lalu dengan Rainbow Slide dan Dinoland, pada tahun 2024 ini New Celosia mengaktifkan seluruh wahana barunya yang pasti seru dan menarik. Lokasinya terletak di Jalan Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia pada hari biasa adalah Rp20.000 per orang, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur Rp25.000 per orang. Wisatawan harus membayar lagi jika ingin naik wahana, dengan harga kisaran Rp15.000 hingga Rp20.000.

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park adalah destinasi berupa taman rekreasi tematik yang mengusung konsep kearifan lokal. Ada 25 wahana yang dibangun dengan lisensi internasional, menawarkan konsep one stop vacation di mana pengunjung bisa menikmati berbagai wisata dalam satu tempat. Saloka Theme Park berlokasi di Jalan Fatmawati Nomor 154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, tepat di tepi jalur utama Solo-Semarang. Harga tiket masuk Saloka Theme Park sebesar Rp150.000 per orang, dengan jam operasional mulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00 malam.

Little Ranch Sidomukti

Kawasan wisata Umbul Sidomukti di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, memiliki lokasi baru bernama Little Ranch. Menyajikan suasana peternakan ala Selandia Baru, Oceania, atau negara-negara Eropa seperti Swiss dan Inggris, tempat ini menawarkan pemandangan peternakan dengan jembatan tinggi serta menara yang bisa digunakan untuk berfoto. Harga tiket masuk Umbul Sidomukti adalah Rp10.000 per orang, belum termasuk tiket masuk setiap wahana.

Watu Gajah Park

Watu Gajah Park adalah salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Semarang yang merupakan gabungan dari wisata edukasi, wisata alam buatan, arena bermain anak, dan tempat bersantai keluarga. Wahana yang paling disukai adalah kolam keceh dan waterboom anak-anak. Lokasinya berada di Dusun Watu Gajah, Desa Ngobo, Kecamatan Bergas. Watu Gajah Park buka dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore dengan harga tiket masuk Rp25.000 per orang pada hari biasa dan Rp30.000 pada akhir pekan.

Silayur Park

Sebagai hutan kota, Silayur Park berada di bawah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Kendal. Lokasi yang dimanfaatkan sebagai wana wisata ini tak hanya menyajikan pemandangan alam, tetapi juga wahana untuk bermain anak, kolam renang, spot foto, glamping, camping ground, dan outbond. Lokasinya berada di Jalan Prof. Dr. Hamka, Kelurahan Ngalian, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Harga tiket Silayur Park adalah Rp15.000 pada hari biasa dan Rp20.000 pada akhir pekan dan hari libur, dengan jam buka dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Dusun Semilir

Dusun Semilir di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kini menjadi destinasi wisata yang ramai dibincangkan. Lokasinya strategis di samping jalan utama Semarang ke Surakarta atau Yogyakarta. Dusun Semilir buka setiap hari dari pukul 09.00 pagi hingga 18.00 sore pada hari biasa, dan pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam pada akhir pekan. Harga tiket masuk Dusun Semilir adalah Rp30.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp40.000 pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Ayanaz Gedong Songo

Berwisata ke kawasan Bandungan, Anda akan melihat penampakan balon udara warna-warni di Ayanaz Gedong Songo. Tempat wisata ini viral karena spot foto berbentuk balon udara yang unik dan kekinian. Lokasinya berada di dekat Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Semarang. Harga tiket masuk Ayanaz Gedong Songo pada hari biasa adalah Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur nasional Rp30.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Ayanaz Gedong Songo buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Eling Bening

Jika Anda senang liburan di tempat wisata kekinian, Eling Bening bisa menjadi rekomendasi untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan. Terletak di Jalan Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang, Eling Bening menawarkan panorama yang indah dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, kafe, restoran, tempat outbound, camping ground, dan meeting room. Restoran buka pukul 07.00 pagi hingga 18.00 sore, dan wahana buka dari pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore. Harga tiket masuk pada hari biasa Rp25.000 per orang dan Rp30.000 pada akhir pekan.

Dengan banyaknya pilihan tempat wisata baru di Semarang, Anda pasti akan menikmati liburan yang seru dan berkesan. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan di setiap tempat wisata yang Anda kunjungi.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index