10 Makanan Populer di Dunia Disukai Secara Global oleh Masyarakat Dunia, Ada dari Indonesia Juga?

10 Makanan Populer di Dunia Disukai Secara Global oleh Masyarakat Dunia, Ada dari Indonesia Juga?
10 Makanan Populer di Dunia Disukai Secara Global oleh Masyarakat Dunia, Ada dari Indonesia Juga?

RUANGBOGOR – Dalam eksplorasi kuliner global, ada beberapa hidangan yang telah melampaui batas negara asalnya dan menjadi favorit di berbagai belahan dunia. Berikut adalah 10 makanan populer di dunia yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menawarkan perjalanan rasa yang kaya dan beragam.

Meskipun tidak bisa bepergian ke setiap negara, kita bisa merasakan keanekaragaman budaya dengan mencicipi hidangan khas setiap negara. Berikut adalah 10 makanan paling populer di dunia:

Pizza
Pizza merupakan salah satu kuliner yang mendunia berakar dari Italia. Kini, pizza hadir dalam beragam variasi topping dan jenis kulit yang tak terhitung jumlahnya. Di Indonesia, pizza juga mengalami transformasi dengan variasi yang beragam dan cita rasa yang disesuaikan dengan selera lokal.

Sushi
Makanan khas Jepang yang telah meraih popularitas di seluruh dunia. Sushi biasanya terdiri dari nasi dan isian yang digulung dalam rumput laut kering. Meskipun terkenal dengan penggunaan ikan mentah, bahan pokok dari sushi sebenarnya adalah nasi yang dicampur dengan cuka beras. Asal mula sushi adalah sebagai metode pengawetan ikan yang pertama kali ditemukan di Asia Tenggara sebelum kemudian menyebar ke Jepang pada abad ke-8.

Burger
Mengutip kritikus kuliner New York Times, Mimi Sheraton, burger dipandang sebagai salah satu makanan klasik Amerika yang berakar dari bistik Jerman. Hidangan ini umumnya terdiri dari daging sapi panggang yang disajikan di dalam roti bakar, disertai dengan irisan bawang bombai serta saus tomat atau mustard.

Ramen
Sup ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1910, berasal dari penggabungan mie dengan kaldu asin oleh para koki Tiongkok. Pada tahun 1958, Nissin Foods menghasilkan mie instan pertama dengan kaldu rasa ayam yang disebut Chikin Ramen. Nama ramen diadopsi dari kata dalam bahasa Tiongkok, yaitu lamian atau mie yang ditarik.

Taco
Makanan khas Meksiko ini telah meraih popularitas di berbagai belahan dunia, khususnya di Amerika Serikat. Taco terdiri dari tortilla yang diisi dengan daging, kacang-kacangan, keju, dan salsa. Taco seringkali disantap bersama guacamole dan krim asam.

Pasta
Makanan khas Italia yang telah meraih popularitas global sebagai salah satu makanan favorit. Terbuat dari campuran tepung terigu dan air, pasta dapat dihidangkan dengan berbagai saus dan topping, termasuk daging, sayuran, dan keju. Beberapa hidangan pasta yang populer adalah spaghetti bolognese, lasagna, dan fettuccine Alfredo.

Kroasan
Kue kering berbentuk bulan sabit ini umumnya terbuat dari mentega murni dan adonan ragi yang sedikit manis. Kroasan pertama kali diciptakan pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan Austria atas Kekaisaran Ottoman. Bentuknya konon meniru bulan sabit yang ada di bendera Turki.

Yakiniku
Teknik memasak Jepang yang melibatkan pemanggangan daging di atas panggangan meja. Meskipun awalnya berasal dari Korea, yakiniku telah menjadi bagian penting dari masakan Jepang. Daging sapi, babi, ayam, dan berbagai jenis kerang adalah pilihan populer untuk yakiniku, biasanya disajikan dengan berbagai saus dan cocolan.

Gyoza
Pangsit berbentuk bulan sabit yang memiliki asal usul dari pangsit jiaozi tradisional Tiongkok. Terbuat dari kulit tipis yang terdiri dari tepung terigu, telur, dan air, gyoza diisi dengan campuran daging dan sayuran seperti daging babi atau ayam cincang, kubis, daun bawang, bawang putih, jahe, dan daun bawang.

Dimsum
Hidangan tradisional Tiongkok yang dikenal dengan ukurannya yang kecil dan cocok untuk sekali gigit. Dimsum terdiri dari campuran daging yang dibungkus dengan kulit pangsit yang lembut. Umumnya dimsum dikukus dan disajikan dengan saus sambal untuk meningkatkan rasa, serta sering dijadikan pilihan untuk sarapan atau makan siang, biasanya dinikmati bersama teh.

Mencicipi berbagai makanan ini adalah cara yang efektif untuk mengeksplorasi dan menghargai keanekaragaman budaya di dunia tanpa harus bepergian jauh

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index