Lima Kota Terdingin di Jawa Barat, Tinggal di Sini Nggak Bakal Berani Mandi Pagi!

Lima Kota Terdingin di Jawa Barat, Tinggal di Sini Nggak Bakal Berani Mandi Pagi!
Lima Kota Terdingin di Jawa Barat Tinggal di Sini Bikin Kamu Nggak Berani Mandi Pagi!

RUANGBOGOR – Jawa Barat, salah satu provinsi di Indonesia, dikenal dengan udara dinginnya karena lokasinya yang dikelilingi pegunungan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada lima kabupaten atau kota di Jawa Barat yang memiliki suhu terdingin. Berikut adalah daftar daerah terdingin di Jawa Barat:

1. Bandung Barat
Lembang, yang berada di Kabupaten Bandung Barat, merupakan daerah terdingin di Jawa Barat. Terletak pada ketinggian 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut (DPL), suhu di Lembang berkisar antara 17-27 derajat Celcius. Pada tahun 1991, Lembang mencatat suhu terendahnya yakni 9,8 derajat Celcius, menjadikannya tempat terdingin di Jawa Barat. Puncak Gunung Tangkuban Perahu merupakan titik tertinggi di Lembang. Selain itu, Lembang juga terkenal dengan tempat wisatanya seperti Farmhouse, The Lodge Maribaya, dan Floating Market.

2. Kabupaten Garut
Kabupaten Garut berada pada ketinggian rata-rata 750 meter DPL dengan suhu berkisar antara 24 hingga 13 derajat Celcius. Dikelilingi oleh pegunungan seperti Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, dan Gunung Karacak, Garut juga terkenal dengan makanan khasnya, dodol, dan peternakan domba yang menghasilkan domba berkualitas tinggi.

3. Bogor
Kota Bogor, yang dikenal dengan kawasan Puncak, memiliki suhu udara yang relatif dingin. Suhu terendah di Bogor mencapai 16 derajat Celcius. Beberapa tempat yang berkontribusi pada suhu dingin di Bogor antara lain Gunung Sanggabuana, Gunung Gede Pangrango, dan Gunung Halimun Salak.

4. Sukabumi
Suhu rata-rata di Sukabumi pada siang hari mencapai 19-18 derajat Celcius. Angin pasat tenggara yang bertiup dari Australia melewati Sukabumi, sehingga suhunya cukup dingin. Sukabumi juga pernah mencatat suhu terendah yaitu 15 derajat Celcius.

5. Kabupaten Sumedang
Sumedang, yang terkenal dengan makanan khasnya berupa tahu, memiliki suhu harian yang mencapai 30 derajat Celcius pada siang hari. Namun, pada malam hari suhunya rata-rata mencapai 23 derajat Celcius.

Demikianlah beberapa daerah terdingin di Jawa Barat, dengan Lembang sebagai yang terdingin di Indonesia. Apakah daerahmu termasuk dalam daftar ini?
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index