5 Spot Wisata Sejarah Cirebon, Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik

5 Spot Wisata Sejarah Cirebon, Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik
5 Spot Wisata Sejarah Cirebon, Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik. (GMAPS Keraton Kasepuhan)

RUANGBOGOR -- Cirebon, kota yang dikenal dengan ikon udangnya, merupakan destinasi tepat untuk wisata bernuansa Islami. Cirebon adalah tempat pertama kali ajaran Islam masuk di Jawa Barat, sehingga banyak peninggalan-peninggalan Islam dan budaya yang diwariskan oleh leluhur di kota ini.

Selain itu, Cirebon juga dikenal sebagai kota parawali karena ada dua dari sembilan Wali Songo yang sempat tinggal di sini. Berikut rangkuman beberapa destinasi wisata religi di Kota Cirebon yang wajib Anda kunjungi.

1. Keraton Kasepuhan

Didirikan pada tahun 1529 oleh Sunan Gunung Jati, Keraton Kasepuhan adalah kesultanan Islam dengan peninggalan masa kejayaan Kesultanan Cirebon. Di sini terdapat museum pusaka yang menampilkan Singgasana Sultan, Kereta Kencana Singa Barong, dan benda-benda bersejarah lainnya. Meski merupakan kesultanan Islam, bangunan Keraton Kasepuhan memiliki pengaruh budaya Hindu dan Tiongkok.

2. Keraton Kanoman

Didirikan oleh Pangeran Muhamad bin Pangeran Kartawijaya yang bergelar Sultan Anom I sekitar tahun 1678, kompleks Keraton Kanoman memiliki luas hingga enam hektar. Di sini terdapat museum dengan koleksi pusaka dan benda bersejarah Sultan, serta kereta kencana Paksi Naga Liman dan jempana. Lawang atau pintu masuk bangunan di Keraton ini memiliki nama dan fungsi masing-masing, seperti Lawang Syahadat, Lawang Kiblat, Lawang Blawong, dan Lawang Kejaksaan.

3. Masjid Agung Sang Ciptarasa

Masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga sebagai pusat penyebaran agama Islam. Desain arsitekturnya yang unik dengan tembok bata merah dan pintu utama yang pendek, membuat pengunjung harus menundukkan badan saat masuk. Masjid ini juga memiliki sumber air yang diyakini masyarakat memiliki banyak manfaat dan khasiat, termasuk bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. Makam Sunan Gunung Jati

Terletak di Jalan Alun-Alun Ciledug nomor 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, makam Sunan Gunung Jati selalu menjadi destinasi utama wisata religi. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah salah satu tokoh Walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa Barat. Arsitektur makam ini memadukan gaya Tiongkok, Arab, dan Jawa, dengan sembilan pintu yang disusun secara bertingkat.

5. Petilasan Sunan Kalijaga

Berlokasi di Kampung Kalijaga, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, petilasan ini adalah pusat dakwah Sunan Kalijaga di tanah Jawa. Tempat ini adalah peristirahatan dan tempat tinggal Sunan Kalijaga selama menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat bersama Sunan Gunung Jati. Dahulu, petilasan ini juga sering digunakan sebagai tempat pertemuan orang-orang penting di Cirebon.

Demikian beberapa destinasi wisata religi menarik di Cirebon yang patut Anda kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi rencana liburan dan perjalanan wisata Anda.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index