Agro Edukasi Wisata Ragunan, Tempat Belajar Pertanian dan Peternakan di Jakarta Selatan

Agro Edukasi Wisata Ragunan, Tempat Belajar Pertanian dan Peternakan di Jakarta Selatan

RUANBOGOR - Agro Edukasi Wisata Ragunan adalah destinasi wisata edukatif yang menawarkan pengalaman belajar tentang pertanian dan peternakan perkotaan. Terletak di Jakarta Selatan, tempat ini dikelola oleh Green Café Jakarta Selatan dan bertujuan menjadi pusat edukasi bagi masyarakat Jakarta yang ingin mempelajari urban farming dan teknik bertani serta beternak secara modern dan ramah lingkungan.

Agro Edukasi Wisata Ragunan memberikan review lengkap tentang wisata sambil belajar pertanian dan peternakan. Tempat ini tidak hanya menawarkan pengalaman yang menyenangkan tetapi juga mendidik bagi seluruh anggota keluarga.

Pengantar oleh Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Selatan

Dr. Hasudungan, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Selatan, menjelaskan bahwa Agro Edukasi Wisata Ragunan diharapkan dapat menjadi ajang bagi masyarakat untuk belajar tentang pertanian perkotaan. Agro Edukasi Wisata Ragunan menampilkan berbagai praktik bertani dan beternak yang inovatif dan berkelanjutan.

Fasilitas dan Kegiatan di Agro Edukasi Wisata Ragunan

1. Pergola Selamat Datang  
  Pengunjung disambut dengan pergola yang dihiasi dengan tanaman Binahong. Tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias tetapi juga dapat digunakan sebagai spons mandi alami, menambah daya tarik unik Agro Edukasi Wisata Ragunan.

2. Sistem Pertanian Permaculture 
  Sistem pertanian di Agro Edukasi Wisata Ragunan menerapkan konsep permaculture, di mana setiap kebun terdiri dari berbagai jenis tanaman seperti terong, bayam Brazil, dan tanaman toga seperti pohon jarak dan kemangi. Tanaman ini ditanam bersama untuk menciptakan ekosistem yang seimbang dan berkelanjutan.

3. Tanaman Organik
  Agro Edukasi Wisata Ragunan juga menanam berbagai sayuran organik seperti wortel dan bayam batik. Sistem pengelolaan airnya sudah modern dengan teknologi pengolahan air berbasis Android yang memungkinkan pengaturan penyiraman secara otomatis.

4. Identifikasi Tanaman dengan QR Code 
  Setiap tanaman di Agro Edukasi Wisata Ragunan dilengkapi dengan QR code yang memudahkan pengunjung mendapatkan informasi lengkap mengenai nama Latin, khasiat, dan informasi lain tentang tanaman tersebut melalui aplikasi.

5. Taman Kelinci dan Budidaya Ikan Lele 
  Di sore hari, kelinci di Agro Edukasi Wisata Ragunan dimasukkan ke kandang untuk menghindari predator. Terdapat juga kolam ikan lele yang diberi pakan maggot dari sisa sayuran organik, menunjukkan sistem daur ulang yang efisien dan ramah lingkungan.

6. Zona Toga dan Superfood 
  Agro Edukasi Wisata Ragunan memiliki zona tanaman obat keluarga (toga) yang meliputi tanaman seperti knob yang kaya antioksidan dan daun pandan. Ada juga zona superfood yang mencakup tanaman seperti kale dan edibel flowers untuk garnis makanan.

7. Greenhouse dengan Sistem Hidroponik 
  Greenhouse di Agro Edukasi Wisata Ragunan dilengkapi dengan sistem hidroponik yang canggih, termasuk teknologi penyinaran ultraviolet. Tanaman seperti selada air, pakcoy, dan tomat ditanam dengan sistem ini untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan tanaman.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan bekerjasama dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan untuk pengembangan kemampuan klien Bapas Kelas I Jakarta Selatan. Dalam kerjasama tersebut, Sudin KPKP Jakarta Selatan menyediakan tempat pelatihan yang diberi nama Rintisan Bapas Produktif (Ripaspro) Griya Abhipraya Gelatik Nawasena di Agro Edukasi Wisata Ragunan, yang telah diresmikan pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Ripaspro Griya Abhipraya Gelatik Nawasena diresmikan diantaranya oleh Plt Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Selatan, Mukhlisin, Kepala Bapas Jakarta Selatan, Unggul Widiyo Saputro, dan Kepala Sudin KPKP Jaksel, Hasudungan A Sidabalok. Pelatihan yang diberikan bagi klien Bapas Jaksel seperti pelatihan membuat susu, roti, dan mengolah hasil pertanian, serta menanam sayuran.

Plt Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Selatan, Mukhlisin, mengucapkan salut atas kerjasama yang elegan dan bagus antara Sudin KPKP Jakarta Selatan dan Bapas Kelas I Jakarta Selatan. Mukhlisin menuturkan, kegiatan kerja sama antara Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan Bapas Kelas I Jakarta Selatan lewat program Griya Abhipraya ini adalah cermin dari sinergi antar stakeholder dalam serangkaian kegiatan untuk tercapainya proses re-integrasi yang elegan. "Semoga dengan pengembangan soft skill para klien Bapas Kelas I Jaksel adalah contoh kongkrit dari sinergi tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bapas Jakarta Selatan, Unggul Widiyo Saputro, mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang dilakukan dalam meningkatkan soft skill klien Bapas. "Semoga dengan sinergitas ini, nantinya para klien Bapas akan mempunyai kemampuan yang baik dalam meningkatkan perekonomian mereka," pungkasnya.

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching Perpustakaan Digital Bapas Kelas I Jakarta Selatan dan buku "Menyalakan Lentera Literasi Griya Abhipraya Gelatik Nawasena" yang juga merupakan hasil kerjasama antara Sudin KPKP Jaksel, Yayasan Qudwah Al-Barosiah serta Yayasan Literasi dan Kreasi Indonesia.

Agro Edukasi Wisata Ragunan adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman edukatif dan rekreasi sekaligus. Dengan berbagai fasilitas modern dan inovatif, Agro Edukasi Wisata Ragunan menjadi tempat yang ideal untuk belajar tentang pertanian dan peternakan perkotaan secara menyenangkan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index