Wisata Banyumas

Review Wisata Alam Batudaren di Banyumas, Cocok Buat Hiking Sekaligus Healing!

Review Wisata Alam Batudaren di Banyumas, Cocok Buat Hiking Sekaligus Healing!
Review Wisata Alam Batudaren di Banyumas, Cocok Buat Hikin Sekaligus Hiling. Sumber Foto: RUANGBOGOR.COM

RUANGBOGOR.COM - Warga Indonesia harus tahu nih kalau wisata alam yang indah itu bukan cuma di Bali. Di Banyumas, Jawa Tengah ada loh tempat wisata alam yang cocok buat healing.

Rekomendasi tempat wisata alam yang cocok buat healing di Banyumas ada di Baturaden. Lokasinya ada di Jalan Raya Baturaden No.174, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151.

Cukup dekat dengan pusat kota Purwokerto yakni sekitar 15 km saja. Namun, karena berada di ketinggian 640-750 mdpl, jadi cukup butuh effort untuk sampai ke wisata Baturaden.

Jalan yang ditempuh pun cukup berkelok-kelok, namun tenang saja karena masih di tahap normal bukan ekstrem. Selama perjalanan, kamu bisa merasakan udara segar pegunungan. Bahkan vibes healing sudah terasa ketika melihat gagahnya Gunung Slamet dari kejauhan.

Kalau biasanya kamu berkutat dengan hiruk pikuk ibukota, atau kalau pekerjaanmu harus menatap layar laptop sepanjang hari, wisata ke Baturaden ini rasanya nyaman banget.

Puas-puasin deh menghirup udara segar dan memandang pepohonan hijau di kaki Gunung Slamet. Nilai plus lainnya dari tempat wisata di Banyumas ini adalah harganya yang murah meriah.

Berikut rincian dari Harga Tiket Masuk (HTM) serta jam opetasional wisata Baturaden.

Jam Operasional

  • Senin-Jumat: 07.00 WIB - 16.00 WIB
  • Sabtu, Minggu (hari libur): 07.00 WIB - 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Senin-Jumat: Rp20.000
  • Sabtu, Minggu (hari libur): Rp25.000
  • Lansia (lebih dari 60 tahun) diskon 50%
  • Anak (0-3 tahun) diskon 50%

Gimana menurutmu? murah meriah bukan. Belum lagi lansia dan anak-anak bisa dapet diskon loh. Dengan membayar tiket masuk, pengunjung mendapatkan fasilitas gratis masuk ke air terjun Gumawang, waterpark, waterboom, sepeda air, pemandian air hangat, serta sendang mulya.

"Biasanya rame pengunjung pas weekend atau hari libur. Salah satu destinasi favorit di tempat wisata ini ada di Pancuran Telu. Nanti di sana bisa berendam di air hangat, airnya langsung mengalir dari mata air Gunung Slamet. Tetapi untuk masuk ke sana harus bayar biaya tambahan Rp20.000," ujar salah satu petugas ticketing yang sedang berjaga.

Satu lagi daya tarik yang dimiliki oleh wisata Baturaden di Banyumas adalah cocok untuk olahraga. Karena tempatnya luas banget bro. Luas keseluruhan mencapai 16,85 hektar, namun yang bisa dieksplore oleh pengunjung hanya kurang lebih 4,5 hingga 5 hektar.

Jadi siapkan kekuatan fisik deh kalau ke sini, biar bisa puas eksplore berbagai wahana yang ada di tempat wisata ini. Salah satu yang paling buat ngos-ngosan adalah rute menuju ke sepeda air.

Untuk menuju ke tempat itu kamu harus menaiki ratusan anak tangga. Itu sebabnya Baturaden pantas disebut sebagai wisata hiking sekaligus healing. Rasa lelah dari menaiki ratusan anak tangga itu akan terbayar lunas ketika kamu sudah mencapai danau untuk bermain sepeda air.

Pengunjung diberi waktu 15 menit untuk naik sepeda air. Pemandangannya bener-bener indah banget sih. Dan lagi-lagi kekuatan fisikmu diuji ketika harus mengayuh sepeda air berkeliling danau.

Jangan lupa untuk membeli makanan ikan yang disediakan senilai Rp10 ribu berisi empat plastik makanan ikan. Puluhan ikan mas berukuran jumbo bakal menghampirimu ketika kamu menaburkan pakan ikan.

"Itu jenis ikan mas dan nila, umurnya sudah lima sampai 10 tahun. Gak pernah dipanen, dibiarkan hidup alami di danau ini jadi ukurannya bisa sebesar itu," ujar salah satu petugas.

Setelah lelah eksplore berbagai wahana, pengunjung bisa mencoba aneka kuliner yang ditawarkan. Mulai dari mendoan, sate kelinci, sate ayam, pecel, jasuke, dijamin bakal membuat lidahmu bergoyang.

Sebelum pulang, jangan lupa mampir membeli buah tangan berupa baju dengan tulisan Baturaden, sale pisang, dan aneka jajanan lainnya. Overall, wisata Baturaden ini worth it banget buat dikunjungi. Terlebih untuk anak muda yang ingin olahraga hiking sekaligus hiling.

Harganya murah meriah tetapi pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah dan menyegarkan pikiran. Semoga pemerintah Banyumas bisa lebih mengembangkan tempat wisata ini agar bisa lebih menarik sehingga banyak pengunjung terpikat untuk plesiran di sini dan UMKM di wilayah ini bisa ikut berkembang.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index