5 Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Paling Populer, Jangan Sampai Terlewatkan Ya!

5 Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Paling Populer, Jangan Sampai Terlewatkan Ya!
Getuk Goreng Asli Haji Tohirin, Salah Satu Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Populer. Sumber Foto: RUANGBOGOR.COM

RUANGBOGOR.COM - Berwisata ke Purwokerto kurang lengkap rasanya jika belum beli oleh-oleh khas yang paling populer. Kota yang terletak di Jawa Tengah ini punya beragam camilan dan barang unik yang bisa jadi buah tangan istimewa.

Dari jajanan lezat hingga kerajinan tangan yang cantik, Purwokerto punya banyak pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Di artikel ini, kita bakal bahas lima oleh-oleh paling populer yang wajib kamu coba. Yuk, simak daftar rekomendasi ini agar perjalananmu semakin berkesan!

1. Toko Roti Go

Toko Roti Go didirikan sejak tahun 1898 oleh Keluarga Go dengan resep, bahan baku dan tungku pemanggang tradisional. Bakery ini menjadi bagian dari kuliner legendaris khas Purwokerto, Kabupaten Banyumas sejak zaman dahulu.

Di tengah modernisasi dan persaingan ketat dalam industri roti, Toko Roti Go tetap berkomitmen untuk menghadirkan kepada pelanggan setia. Citra rasa tradisional dengan resep turun temurun, tanpa bahan pengawet dan menggunakan bahan baku berkualitas itu adalah daya tarik dari kuliner ini. Lokasinya ada di Jalan Jend. Sudirman Jl. Kauman Lama, Kauman Lama, Purwokerto Wetan, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53147.

2. Getuk Goreng Asli Haji Tohirin

Getuk goreng adalah kuliner khas Banyumas yang sudah ada sejak 1918. di Purwokerto ada sembilan toko Getuk Goreng Asli Haji Tohirin yang telah melegenda. Sembilan gerai tersebut dikelola oleh anak-anak Haji Tohirin. Getuk goreng yang diproduksi menggunakan resep turun temurun.

Harga satu kotak getuk goreng dibandrol seharga Rp18 ribu sampai Rp36 ribu. Menariknya, kuliner ini dibungkus menggunakan besek atau keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. Toko oleh-oleh ini bisa kalian temukan di sepanjang Jalan Sokaraja.

3. Klanting

Klanting adalah salah satu oleh-oleh khas dari Purwokerto, Jawa Tengah. Ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran ketela pohon (singkong) yang diparut halus, kemudian dibentuk seperti bola kecil dan digoreng.

Rasanya gurih dan sedikit manis, serta memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam. Klanting sering dijadikan camilan ringan dan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula merah. Selain enak, klanting juga sering diburu sebagai oleh-oleh karena keunikan dan cita rasanya yang khas.

4. Kerajinan Tangan dan Souvenir

Kalau kamu mau membeli kerajinan tangan dan souvernir khas Purwokerto, mampirlah ke Pasar Wage. Lokasinya ada di Jalan Vihara, Purwokerto Wetan, Purwokerto Timur. Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53111. Di sini kamu juga bisa membeli aneka jajanan tradisional yang juga bisa jadi oleh-oleh.

5. Batik Banyumas

Batik Banyumas adalah salah satu jenis batik yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Batik ini dikenal dengan motif dan corak yang khas, yang sering kali mencerminkan kekayaan budaya serta tradisi lokal Banyumas.

Ciri khas Batik Banyumas meliputi penggunaan warna yang cerah dan motif-motif yang terinspirasi dari alam serta kehidupan sehari-hari masyarakat Banyumas. Beberapa motif populer dalam Batik Banyumas termasuk gambar flora dan fauna, serta pola geometris yang unik. Batik ini biasanya dibuat dengan teknik pewarnaan tradisional dan sering kali digunakan dalam berbagai acara adat dan formal.

Itulah lima oleh-oleh khas Purwokerto yang paling populer. Jangan lupa mampir ya saat kamu sedang wisata ke wilayah ini.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index