CPNS 2024

Gagal Swafoto CPNS Saat Melakukan Pendaftaran Menggunakan HP, Begini Solusinya!

Gagal Swafoto CPNS Saat Melakukan Pendaftaran Menggunakan HP, Begini Solusinya!
Gagal Swafoto CPNS Saat Melakukan Pendaftaran Menggunakan HP, Begini Solusinya. Sumber Foto: sscasn.bkn.go.id

RUANGBOGOR.COM - Belakangan ini banyak pelamar mengeluhkan kendala ketika melakukan swafoto dalam proses pendaftaran CPNS 2024 menggunakan HP.

Swafoto atau foto selfie merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika hendak melakukan pendaftaran CPNS 2024. Sebelum bisa memilih instansi mana yang akan dilamar, pelamar pertama-tama harus membuat akun terlebih dahulu di laman sscasn.bkn.go.id.

Pastikan mengisi data diri yang benar sesuai ketentuan yang diminta agar proses pendaftaran CPNS 2024 bisa berjalan dengan lancar. Lalu setelah itu pelamar diminta mengunggah file scan KTP serta swafoto. Dalam hal ini pastikan ukuran file scan KTP yang Anda unggah berukuran kurang dari 200 Kb.

Kemudian lakukan langkah selanjutnya yakni melakukan swafoto. Nah, di tahapan inilah banyak pelamar mengeluhkan kendala yang dialami. Kendala terjadi terutama bagi pelamar yang melakukan pendaftaran CPNS 2024 menggunakan HP.

Di layar handphone muncul keterangan "daftar-sscasn.bkn.go.id menyatakan Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet". Jika kamu salah satu yang mengalami kendala tersebut, apa yang harus dilakukan? Yuk simak solusi berikut ini.

Gunakan Laptop

Saat melakukan pendaftaran CPNS 2024 lebih disarankan menggunakan laptop daripada menggunakan HP.

Gunakan Google Chrome

Di laptop ada berbagai perambaan web lintas platform yang bisa digunakan, tetapi pastikan kamu menggunakan Google Chrome agar proses membuat akun di sscasn.bkn.go.id bisa berjalan dengan lancar.

Izinkan Akses Kamera

Jika kamu sudah masuk ke laman SSCASN menggunakan Google Chrome, klik "Allow" untuk memberikan izin penggunakan kamera yang ada di laptop.

Buka Tab Baru

Jika kamu sudah memberikan izin penggunaan kamera tetapi kamera masih bisa digunakan untuk swafoto, coba buka tab baru dan masuk lagi ke halaman pendaftaran CPNS 2024.

Gunakan Mozilla Firefox Sebagai Opsi Terakhir

Jika keempat opsi di atas sudah kamu lakukan namun belum berhasil, gunakan Mozilla Firefox sebagai opsi terakhir. Pasalnya sejumlah warganet di media sosial X membagikan pengalaman berhasil melakukan pendaftaran menggunakan Mozilla.

Itulah lima solusi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pendaftaran CPNS 2024. Selamat mencoba!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index