Wisata Banyumas

5 Wisata Populer di Banyumas yang Ramah Anak, Cocok untuk Plesiran Keluarga

5 Wisata Populer di Banyumas yang Ramah Anak, Cocok untuk Plesiran Keluarga
Hutan Pinus Limpakuwus, Salah Satu WIsata Populer di Banyumas yang Ramah Anak. Sumber Foto: RUANGBOGOR.COM

RUANGBOGOR.COM - Banyumas merupakan kawasan wisata favorit bangi masyarakat Jawa Tengah. Di wilayah ini banyak tempat wisata yang ramah anak loh.

Mengajak anak-anak untuk plesiran ke Banyumas menjadi wilayah tepat. Pasalnya tempat ini memiliki banyak wisata alam dengan berbagai wahana yang membuat bocil betah bermain.

Buat kamu yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan, waktunya melipir sebentar untuk healing dan menghirup udara segar di tempat wisata ini. Jadi memang benar wisata ke Banyumas cocok buat liburan keluarga karena memiliki paket lengkap.

Wisata Ramah Anak di Banyumas

1. Baturaden

Wisata alam di Banyumas, Jawa Tengah, menawarkan destinasi healing yang menarik di Baturaden, hanya sekitar 15 km dari Purwokerto dan berada pada ketinggian 640-750 mdpl.

Pengunjung dapat menikmati udara segar pegunungan dan pemandangan Gunung Slamet, serta berbagai fasilitas seperti air terjun Gumawang dan waterpark dengan harga tiket terjangkau.

Tiket masuk untuk hari kerja Rp20.000 dan Rp25.000 pada akhir pekan, dengan diskon untuk lansia dan anak-anak, serta fasilitas tambahan seperti sepeda air dan pemandian air hangat tersedia dengan biaya ekstra.

Baturaden juga cocok untuk olahraga dan hiking, dengan rute yang menantang menuju sepeda air dan pemandangan indah di danau. Selain itu, pengunjung dapat menikmati kuliner lokal dan membeli oleh-oleh sebelum pulang.

2. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus di Banyumas, Jawa Tengah, menawarkan pemandangan alam yang asri di kaki Gunung Slamet, terletak pada ketinggian 750 mdpl. Dengan tiket masuk Rp17.500 per orang, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan berbagai wahana, termasuk rainbow slide seharga Rp15.000 per sekali meluncur.

Akses menuju lokasi cukup berliku namun petunjuk jalan dan internet yang lancar memudahkan perjalanan. Selain rainbow slide, terdapat juga wahana lain seperti flying fox, paintball, ATV, dan camping ground. Meskipun pernah terjadi insiden rubuhnya jembatan kaca 'The Geong', tempat ini tetap menjadi destinasi populer dengan banyak spot Instagramable.

3. Bukit Bintang Baturraden

Lokasinya ada di Pangeran Limboro, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Terletak di ketinggian yang memungkinkan pengunjung menikmati panorama lampu kota Purwokerto dari atas bukit.

Tempat wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan yang ingin menikmati suasana malam dengan udara segar pegunungan. Bukit Bintang menawarkan berbagai fasilitas seperti area bersantai, tempat makan, dan spot foto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan sering mengunjungi Bukit Bintang untuk menikmati suasana malam yang romantis atau bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

4. Pereng Cilongok

Lokasinya ada di Kalimanggis Utara, Cilongok, Banyumas. Tempat wisata ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan sejuk. Berdiri di atas lahan seluas hektar, pengunjung bisa naik sepeda air mengitari danau yang ada di Pereng Cilongok.

Buat kamu yang sedang mencari tempat outbond, tempat wisata ini juga cocok dikunjungi. Di dalamnya ada mini waterpark yang dijamin bikin anak-anak jadi betah. Pereng Colongok juga menjadi destinasi wisata edukasi karena di tempat ini anak-anak bisa melihat proses pembuatan gula merah.

5. Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Lokasinya ada di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53142. Taman Rekreasi Andhang Pangrenan adalah sebuah tempat wisata keluarga yang terletak di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Taman ini menawarkan berbagai fasilitas rekreasi seperti area bermain anak, taman, dan tempat piknik dengan suasana yang nyaman dan asri. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan outdoor, berkeliling di area taman yang luas, serta bersantai sambil menikmati udara segar. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB dengan harga tiket yang murah meriah yakni seharga Rp5.000. 

Nah, itulah lima rekomendasi tempat wisata populer di Banyumas yang ramah anak dan cocok untuk plesiran keluarga. Jangan lupa dikunjungi ya!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index