CPNS 2024

Kumpulan Soal TIU CPNS 2024 Paling Sulit, Harus Cermat Untuk Bisa Menjawabnya!

Kumpulan Soal TIU CPNS 2024 Paling Sulit, Harus Cermat Untuk Bisa Menjawabnya!
Ilustrasi Kumpulan Soal TIU Figural CPNS 2024 Paling Sulit. Sumber Foto: Pixabay/MarandaP

RUANGBOGOR.COM - Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah salah satu materi SKD CPNS 2024 yang harus dipelajari. Salah satu kemampuan yang diuji dalam TIU yakni tentang figural dan penalaran analitis.

Pada waktu menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024, para peserta tes akan dihadapkan dengan 110 butir soal. Rincian soalnya terdiri dari 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP.

Semuanya harus dijawab dalam waktu 100 menit. Artinya, satu soal harus dijawab kurang dari satu menit. Nah, seringkali peserta tes CPNS 2024 terjebak di soal TIU figural dan penalaran analitis. Pasalnya soal itu butuh pemahaman yang cermat untuk bisa menjawabnya.

Nah, agar tes SKD besok tidak kaget dan bisa menjawab dengan cepat, mari kita pelajari beberapa contoh soal TIU figural dan penalaran analitis yang sulit untuk dipecahkan, dilansir dari YouTube Privat Al Faiz.

1. Pada kegiatan outbond di akhir tahun, Tasya dan timnya mengikuti sebuah perlombaan mencari bendera yang disembunyikan di titik T. Tasya berada di titik B dan harus melalui beberapa titik untuk dapat sampai ke titik T. Rute perjalanan dari titik B bisa melalui titik C lalu menuju D, namun penuh bebatuan. Ada rute lain yang jalannya lebih mudah namun lama, yaitu melalui titik A kemudian ke E. Titik D bisa ditempuh melalui titik E. Titik T hanya bisa dicapai melalui titik D dan F. Ada juga rute dari B ke titik F langsung ke titik T namun harus menyeberangi aliran air (kali). Berapakah rute yang dapat dilalui Tasya dan timnya untuk mendapatkan bendera di titik T?

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

2. Dari hasil survei kepada milenial yang melaksanakan WFH terkait dengan tempat wisata yang akan mereka kunjungi setelah pandemi berakhir, diperoleh hasil sebagai berikut:

  • Danau Ranau dan Lampung Wisata dinyatakan bernilai sama, namun masih lebih kecil jika dibandingkan dengan peminat Slanik.
  • Pantai Sebalang lebih disukai dari Slanik
  • Slanik lebih disukai dari Way Kambas

Berdasarkan survei tersebut, jika urutan Danau Ranau berada tepat setelah Slanik maka, tempat wisata yang paling sedikit diminati adalah....

A. Pantai Sebalang
B. Slanik
C. Danau Ranau
D. Way Kambas
E. Lampung Wisata

3. Delapan orang ibu-ibu membentuk lingkaran dalam kelompok arisan kali ini. Bu Gita perlu menyampaikan info dari kelurahan sehingga meminta bu Marni sebagai ketua arisan untuk berada di dekatnya. Bu Desi persis di depan ketua arisan dan di samping bu Vivi berhadapan dengan ibu Yulia. Bu Shepia memahami bu Hanif yang tidak mau berdekatan dengan bu Desi sehingga duduk diantara mereka. Dengan demikian, posisi bu Candy berada di.....

A. Hadapan Bu Yulia

B. Sebelah Bu Desi

C. Hadapan Bu Hanif

D. Sebelah Bu Marni

E. Sebelah Bu Yulia

4. Perhatikan soal TIU figural 9 kotak berikut ini

5. Perhatikan Soal TIU Figural CPNS 2024 berikut ini

Itulah kumpulan soal TIU materi figural dan penalaran analitis tersulit yang bisa kamu pelajari untuk persiapan seleksi CPNS 2024. Selamat belajar!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index