7 Destinasi Kaliurang Jogja, dari Pemandangan Pegunungan Sampai Wisata Sejarah

7 Destinasi Kaliurang Jogja, dari Pemandangan Pegunungan Sampai Wisata Sejarah
7 Destinasi Kaliurang Jogja, dari Pemandangan Pegunungan Sampai Wisata Sejarah. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Kawasan wisata Kaliurang, yang terletak di Pakem, Yogyakarta, merupakan tujuan wisata favorit sejak zaman Belanda hingga kini.

Tidak mengherankan jika banyak ditemukan bangunan berarsitektur Belanda di sekitar area ini, meskipun tempat wisata baru terus bermunculan.

Dengan udara yang sejuk dan pemandangan langsung ke Gunung Merapi, Kaliurang menawarkan berbagai tempat wisata dan penginapan yang menarik.

Di sepanjang Jalan Kaliurang, kamu akan menemukan berbagai tempat wisata populer. Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Kaliurang:

1. Kopi Kelotok

Terletak di jalan Kaliurang, Kopi Kelotok adalah warung makan yang sangat viral. Pengunjung harus mengantri untuk menikmati secangkir kopi hangat dan pisang goreng.

2. Agrowisata Bumi Merapi

Tempat ini menawarkan wisata edukasi serta spot-spot foto yang cantik dengan tema seperti Santorini dan Alpen. Tiket masuk seharga Rp30.000, dan pengunjung dapat menikmati spot foto tanpa biaya tambahan. Buka setiap hari Selasa hingga Minggu, dan tutup pada hari Senin.

3. Merapi Park

Merapi Park menyajikan berbagai spot foto dengan miniatur bangunan ikonik dunia. Dino Park, yang baru dibuka pada tahun 2022, juga berada di sini. Tiket masuk seharga Rp35.000 dan buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00.

4. Suraloka Zoo

Dikenal sebagai tempat wisata edukasi, Suraloka Zoo menyediakan koleksi hewan yang cukup beragam. Anak-anak dapat bermain dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan di sini. Buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00, dengan harga tiket masuk Rp30.000.

5. Museum Gunung Api Merapi

Museum ini menyimpan berbagai informasi dan sejarah tentang Gunung Merapi. Pengunjung dapat mendengarkan suara gemuruh letusan gunung tersebut. Buka setiap hari Selasa hingga Minggu, dari pukul 09.00 hingga 15.00.

6. Stonehenge Jogja

Menawarkan tiruan Stonehenge yang terkenal di Inggris, tempat ini sangat instagramable. Ideal untuk foto prewedding dengan latar belakang Gunung Merapi. Buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00, dengan tiket masuk seharga Rp15.000.

7. Ledok Sambi Eco Park

Tempat ini menyediakan suasana alam yang sejuk dengan berbagai aktivitas seperti piknik, berenang di sungai, flying fox, paintball, berkemah, dan tubing. Ledok Sambi buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 dengan tiket masuk gratis.

8. The Lost World Castle

Memiliki konsep negeri dongeng, tempat ini sering ramai dikunjungi. Terdapat replika Tembok Besar Cina, kapal Black Pearl, spot 3D, dan area bermain perahu air. Buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 18.00, dengan tiket masuk sebesar Rp30.000.

#Wisata Jogja

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index