Sedang Dievaluasi, Ini Alasan Bantuan PKH BPNT PT Pos Tak Cair-cair?

Sedang Dievaluasi, Ini Alasan Bantuan PKH BPNT PT Pos Tak Cair-cair?
Sedang Dievaluasi, Ini Alasan Bantuan PKH BPNT PT Pos Tak Cair-cair? (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Mulai 15 September 2024, kepesertaan bantuan PKH dan BPNT akan dievaluasi. Bantuan PIP, BLT Dana Desa, beras 10 kg, KRS, serta bantuan yatim piatu masih terus dicairkan.

Informasi tambahan, kita telah memasuki minggu ketiga bulan September 2024. Bantuan PKH dan BPNT untuk alokasi Juli, Agustus, serta September, yang merupakan peralihan dari pos ke kartu KKS, belum cair juga. Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi.

Mulai 15 September 2024, evaluasi kepesertaan bantuan PKH dan BPNT akan dilakukan. Agenda ini adalah agenda rutin yang setiap bulan ditetapkan oleh Kementerian Sosial dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah untuk memastikan bahwa penerima bantuan sosial sesuai dengan kondisi terkini.

Data kependudukan dan penerima bantuan sosial bisa berubah sewaktu-waktu, seperti jika ada yang sudah meninggal, sudah sejahtera, atau justru jatuh miskin. Oleh karena itu, verifikasi dilakukan untuk memastikan bantuan diberikan tepat sasaran.

Evaluasi untuk bantuan KIS PBI biasanya dilakukan pada tanggal 1-10 setiap bulan, dan untuk PKH serta BPNT dilakukan mulai tanggal 15-20 setiap bulan. Untuk bulan September ini, karena tanggal 15 jatuh pada hari Minggu dan tanggal 16 adalah hari libur nasional (Maulid Nabi), evaluasi akan dimulai pada Selasa, 17 September 2024.

Terkait dengan kriteria penerima bantuan sosial yang dievaluasi, Kemensos telah menetapkan beberapa kriteria yang tidak lagi layak menerima bantuan, seperti yang sudah meninggal, ASN, TNI, Polri, pensiunan, serta pegawai yang memiliki penghasilan di atas UMP atau UMR.

Selain PKH dan BPNT, bantuan PIP, BLT Dana Desa, beras 10 kg, KRS untuk keluarga rawan stunting, dan bantuan yatim piatu masih terus dicairkan hingga akhir bulan September 2024. Setiap bantuan sosial memiliki kriteria tersendiri, sehingga tidak semua bantuan bisa diterima oleh satu penerima manfaat.

Untuk penerima bantuan PKH dan BPNT yang beralih dari pos ke kartu KKS, pencairannya masih menunggu proses pembukaan rekening kolektif yang dilakukan oleh pihak bank. Proses ini harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada kendala di kemudian hari.

Terakhir, bagi KPM yang sudah menerima kartu KKS namun belum mendapatkan saldo bantuan, harap bersabar. Setelah proses verifikasi selesai, bantuan sosial PKH atau BPNT akan dicairkan sekitar 1 hingga 7 hari setelah status SP2D muncul. Jadi, tetap bersabar dan terus berdoa agar pencairan dapat segera dilakukan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index