Kabel Sepanjang 2,7 Km di Jalan Ahmad Yani Kota Bogor Dipotong untuk Percantik Kota

Kabel Sepanjang 2,7 Km di Jalan Ahmad Yani Kota Bogor Dipotong untuk Percantik Kota
Kabel Sepanjang 2,7 Km di Jalan Ahmad Yani Kota Bogor Dipotong untuk Percantik Kota

RUANGBOGOR.COM – Pemerintah Kota Bogor, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), melanjutkan upaya beautifikasi kota dengan menata kabel optik yang masih tergantung di udara.

Penjabat Wali Kota Bogor, Hery Antasari, didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR, Atep Budiman, melakukan pemotongan kabel yang menjuntai di Jalan Otista, Kecamatan Bogor Tengah.

Hery menjelaskan bahwa sebelumnya, pihak PUPR telah melakukan pemotongan kabel di Jalan Ahmad Yani hingga ke Air Mancur sepanjang 2,7 kilometer. Untuk tahap berikutnya, kabel yang melintang di rute Otista-Alun Alun-Balai Kota sepanjang 3,6 kilometer juga akan ditata.

"Kegiatan ini adalah tahap kedua, dan kami berharap dapat terus melanjutkan penataan Kota Bogor agar terlihat lebih rapi, indah, serta aman bagi pejalan kaki dan pengendara," ujar Hery pada Senin (23/9/2024).

Sebagai solusi, pemerintah juga berencana menerapkan ducting, yaitu penanaman kabel di tanah, karena keberadaan kabel udara dianggap tidak menarik secara visual dan berpotensi membahayakan.

"Proses ini akan selesai dalam dua hari ke depan. Kami juga berencana melanjutkan program ini tahun depan, melibatkan sekitar 20 provider yang memiliki kabel di kawasan ini," tambah Hery.

Sebelum pemotongan dilakukan, Pemkot Bogor telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dan diharapkan tidak ada keberatan terhadap langkah ini. Hery memastikan bahwa kabel yang ditata saat ini sudah tidak berfungsi dan akan dirapikan sesuai kebutuhan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index