Update Keterangan SP2D PKH BPNT di SIKS NG, Progres Selangkah Lebih Maju

Update Keterangan SP2D PKH BPNT di SIKS NG, Progres Selangkah Lebih Maju
Update Keterangan SP2D PKH BPNT di SIKS NG, Progres Selangkah Lebih Maju. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Kali ini kami akan embagikan informasi tentang update Keterangan SP2D Bantuan PKH dan BPNT periode September-Oktober 2024.

Informasi ini diperoleh pada sore hingga malam hari ini, dan BPNT menunjukkan perkembangan lebih maju. Keterangan SP2D sudah terisi, dengan lima jenis bantuan yang masih diproses hingga akhir September ini.

Terakhir, informasi mengenai peralihan bantuan PKH dan BPNT dari POS ke Kartu KKS diharapkan segera selesai. Keterangan lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Bantuan BPNT

Keterangan SP2D BPNT sudah terisi di akun SIKS NG operator desa dan pendamping sosial. Ini menunjukkan proses verifikasi rekening sudah selesai. Selanjutnya, setelah keterangan SP2D muncul, akan ada keterangan SPM, dan akhirnya saldo sebesar Rp400.000 akan ditop up ke rekening KPM BPNT, baik BPNT murni maupun BPNT plus PKH.

2. Bantuan PKH

Bantuan PKH untuk periode September-Oktober 2024 juga telah masuk proses verifikasi rekening. Diharapkan keterangan SP2D segera terisi, sehingga proses pencairan bisa dilakukan dengan lancar. Bagi KPM yang sudah menunggu lama, diharapkan bersabar karena prosesnya hampir selesai.

3. Peralihan Bantuan dari POS ke Kartu KKS

Peralihan bantuan dari POS ke Kartu KKS memang memerlukan waktu yang lebih lama, terutama di beberapa daerah seperti Banyuwangi. Di sana, Bank Mandiri masih belum memberikan komunikasi resmi terkait proses pencairan ini. Kami doakan agar prosesnya segera selesai dan KPM bisa segera menerima buku tabungan dan Kartu KKS mereka.

4. Bantuan Sosial yang Masih Cair di Akhir September

Ada lima jenis bantuan yang terpantau masih cair hingga akhir September ini:

- Bantuan KRS (Keluarga Rawan Stunting): berupa tambahan gizi berupa daging ayam dan telur. Beberapa daerah sudah mencapai tahap pencairan kelima dan keenam.

- Bantuan Atensi Yatim Piatu Juli-Agustus: sebesar Rp400.000, yang dicairkan melalui Bank Mandiri. Saldo ini sudah terpantau masuk di beberapa rekening penerima.

- Program Indonesia Pintar (PIP): bagi siswa-siswi yang masuk dalam SK nominasi penerima PIP tahun 2024. Mereka yang telah mengaktivasi rekening Simpel diharapkan segera mengecek saldo bantuan mereka.

- BLT Dana Desa atau BLT Miskin Ekstrem: untuk tahap alokasi bulan September sebesar Rp300.000. Penyalurannya tergantung pada kebijakan masing-masing desa.

- Bantuan Permakanan Lansia dan Disabilitas: yang dicairkan dalam bentuk makanan siap konsumsi dua porsi setiap kali pengiriman.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index