Update Status Bantuan PKH BPNT di SIKS NG Akhirnya Berubah, Bulan Ini Minimal Cair Rp825 Ribu

Update Status Bantuan PKH BPNT di SIKS NG Akhirnya Berubah, Bulan Ini Minimal Cair Rp825 Ribu
Update Status Bantuan PKH BPNT di SIKS NG Akhirnya Berubah, Bulan Ini Minimal Cair Rp825 Ribu. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Semua orang pasti penasaran status bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang akhirnya berubah, dan periode salur yang sudah muncul dengan status proses Burkol.

Di bulan September ini, kartu KKS, PKH, dan BPNT sudah terisi saldo bantuan minimal Rp225.000 hingga Rp825.000. Semoga tidak ada halangan sehingga bantuan ini bisa terealisasi tepat waktu.

Update Status Bantuan PKH dan BPNT

Kembali saya update terkait status bantuan sosial PKH dan BPNT, terutama untuk periode salur bulan Juli, Agustus, dan September 2024. Bagi KPM yang sebelumnya menerima bantuan melalui Pos, kini penyalurannya sudah beralih ke kartu KKS.

Untuk wilayah kami, pihak penyalur bantuan adalah Bank Mandiri, meskipun di beberapa daerah lain bisa menggunakan bank yang berbeda seperti BSI, BNI, atau BRI.

Proses ini disebut dengan Burkol, yaitu pembukaan rekening kolektif oleh bank penyalur bagi penerima bantuan. Setelah rekening dan kartu KKS ATM Merah Putih dibagikan, bantuan tidak langsung masuk.

Proses selanjutnya adalah verifikasi rekening, diikuti oleh SPM (Surat Perintah Membayar), SPP (Surat Perintah Pencairan), dan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana). Jika semuanya lancar, saldo bantuan akan segera ditransfer ke rekening KPM.

Bagi KPM yang menerima bantuan, nominal yang akan diterima berbeda-beda, tergantung dari golongan bantuan yang diperoleh. Golongan KPM PKH murni dengan komponen anak sekolah SD sederajat, misalnya, akan menerima bantuan minimal Rp225.000 untuk periode 3 bulan. Sedangkan KPM BPNT murni akan menerima Rp600.000, dan KPM yang menerima PKH plus BPNT akan mendapatkan total Rp825.000.

Mari kita doakan bersama agar bantuan ini segera terealisasi tanpa halangan, sehingga bisa membantu para penerima manfaat. Berdasarkan pengalaman, biasanya pencairan dilakukan sekitar 1 hingga 7 hari setelah status SII (Standing Instruction) muncul di sistem. Oleh karena itu, bagi para KPM, perbanyaklah berdoa agar proses ini lancar.

Penyaluran Bantuan PKH dan BPNT Selanjutnya

Untuk KPM yang menerima bantuan sepenuhnya melalui kartu KKS, periode salur Juli-Agustus sudah dicairkan kepada sekitar 95% penerima. Sisanya adalah KPM perluasan atau validasi yang mungkin akan dicairkan secara bertahap oleh bank penyalur.

Untuk periode selanjutnya, pencairan akan dilakukan per 2 bulan, yaitu untuk September-Oktober 2024. Biasanya, pencairan ini dilakukan mulai akhir September atau awal hingga pertengahan Oktober. Meski status di sistem masih belum terupdate, kita harapkan bantuan tersebut dapat segera dicairkan.

Semoga para KPM tetap terdaftar sebagai penerima bantuan sosial oleh pemerintah daerah dan bantuan ini terus berjalan lancar.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index