Ada Saldo Masuk ATM Bank BRI dan BNI, Rejeki Buat KPM yang Cair Hari Ini

Ada Saldo Masuk ATM Bank BRI dan BNI, Rejeki Buat KPM yang Cair Hari Ini
Ada Salso Masuk ATM Bank BRI dan BNI, Rejeki Buat KPM yang Cair Hari Ini. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Ada Informasi mengenai hasil pengecekan saldo kartu ATM Bank BRI dan BNI pada tanggal 7 September 2024. Kabar baik untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan hari ini, saldo hingga Rp1,8 juta telah masuk.

Beberapa bantuan sosial yang biasanya cair melalui rekening bank mencakup Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta bantuan lainnya yang disalurkan melalui Bank BRI, BNI, Mandiri, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Salah satu jenis bantuan yang dicairkan adalah Program Indonesia Pintar (PIP) yang masuk melalui rekening simpanan pelajar (simpel) di bank-bank tersebut. Pada hari ini, terpantau saldo bantuan PIP telah masuk ke kartu ATM Bank BRI dan BNI.

Berdasarkan laporan, penerima bantuan PIP jenjang SD sederajat menerima Rp450.000, sementara untuk jenjang SMA sederajat menerima Rp1.800.000. Bagi penerima bantuan yang melakukan penarikan di agen bank, terdapat potongan transaksi sekitar Rp3.000, sehingga jumlah yang diterima bisa berbeda dari nominal pencairan awal. Sebagai catatan, jika penarikan dilakukan di ATM bank penerbit, tidak ada biaya tambahan.

Bantuan PIP ini sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak, seperti membeli buku, sepatu, tas, dan kebutuhan lainnya. Bantuan yang cair pada bulan September 2024 ini diperuntukkan bagi siswa yang masuk ke dalam Surat Keputusan (SK) nominasi penerima PIP tahun 2024 dan telah mengaktifkan rekening simpel mereka hingga 30 Juni 2024. Bagi yang mengaktifkan rekening pada Juli atau Agustus, pencairan kemungkinan dilakukan pada Oktober, November, atau bahkan Desember 2024.

Bagi KPM yang belum menerima bantuan, status pencairan dapat dicek secara online melalui situs resmi PIP: pip.kemdikbud.go.id. Masukkan nomor NISN dan NIK untuk mengetahui apakah siswa terdaftar dalam SK nominasi atau SK pemberian PIP tahun 2024.

Selain itu, terkait bantuan PKH dan BPNT yang dialihkan dari PT Pos ke kartu KKS, saat ini proses distribusi kartu ATM Merah Putih baru masih berlangsung.

Bagi KPM yang sudah menerima kartu baru, disarankan untuk menyimpan kartu tersebut dan menunggu status Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang tertera di aplikasi pengecekan bantuan. Jika status SP2D sudah "SI", pencairan bantuan akan dilakukan dalam 1 hingga 7 hari.

Bagi para KPM yang menerima bantuan PKH dan BPNT periode Juli-Agustus yang belum cair, kemungkinan bantuan tersebut akan disalurkan pada periode September-Oktober 2024. Saat ini, pencairan yang terjadi di awal September merupakan pencairan susulan dari periode sebelumnya.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index