Saldo Bantuan Masuk ke 3 Rekening Bank Ini, Status Terkini PKH BPNT di SIKS NG Begini

Saldo Bantuan Masuk ke 3 Rekening Bank Ini, Status Terkini PKH BPNT di SIKS NG Begini
Saldo Bantuan Masuk ke 3 Rekening Bank Ini, Status Terkini PKH BPNT di SIKS NG Begini. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait status terkini bantuan PKH dan BPNT untuk alokasi bulan Juli, Agustus, dan September 2024, serta peralihan dari pos ke kartu KKS.

Bantuan untuk periode September-Oktober 2024 akan disalurkan sepenuhnya melalui kartu KKS, dengan saldo bantuan dikabarkan mulai masuk ke rekening Bank BRI, BNI, dan BSI pada pertengahan bulan, tepatnya 15 September 2024.

Bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum menerima bantuan untuk periode Juli-Agustus, saya sarankan untuk segera mengecek status bantuan melalui pendamping sosial PKH atau operator di desa masing-masing.

Sebab, setiap pencairan bantuan sosial akan melalui verifikasi berdasarkan data terbaru dari DTKS. Jika bantuan belum dicairkan, kemungkinan besar KPM tidak lagi masuk dalam daftar penerima manfaat berdasarkan hasil verifikasi terbaru.

Penting bagi KPM untuk memahami bahwa pencairan bantuan tergantung pada SK baru yang diterbitkan oleh Kemensos. Jika nama penerima tidak muncul di SK terbaru, bantuan sosial tidak dapat dicairkan. Informasi ini dapat dilihat di sistem 6NG.

Untuk KPM yang sudah menerima bantuan pada periode Juli-Agustus, mereka akan menunggu pencairan berikutnya untuk periode September atau September-Oktober. Namun, hingga pertengahan September 2024, belum ada keterangan salur bantuan di sistem 6NG, yang berarti proses verifikasi dan pencairan belum dimulai.

Bagi yang sudah beralih dari pos ke kartu KKS, bantuan akan disalurkan melalui bank penyalur seperti BSI, BRI, BNI, atau Mandiri. KPM yang baru menerima kartu KKS juga harus bersabar, karena meskipun kartu sudah dibagikan, saldo bantuan mungkin belum masuk.

Informasi tentang saldo ini dapat dicek melalui sistem 6NG atau dengan menanyakan langsung ke bank penyalur. KPM di beberapa daerah, seperti Aceh Utara, Bogor Barat, Sleman, dan Purbalingga, juga sudah mulai menerima kartu KKS baru, namun pencairan bantuan masih menunggu proses verifikasi lebih lanjut.

Untuk program bantuan pendidikan, dikabarkan ada saldo masuk ke rekening BRI, BNI, dan BSI pada tanggal 14 September 2024 dengan nominal Rp450.000. Bantuan ini diduga berasal dari Program Indonesia Pintar (PIP), yang mulai disalurkan sejak 13 Agustus 2024.

Nominal bantuan PIP adalah Rp450.000 untuk jenjang SD sederajat, Rp750.000 untuk jenjang SMP sederajat, dan Rp1,8 juta untuk jenjang SMA/SMK sederajat.

Bagi orang tua atau wali siswa yang anaknya masuk dalam daftar penerima PIP, bisa memeriksa saldo bantuan di kartu ATM atau buku rekening simpanan masing-masing. Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan akses situs sipintar di pip.kemdikbud.go.id.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index