Hasil Cek Saldo Kartu KKS Hari Ini, Bansos Tunai Cair ke 4 Jenis Rekening Bank Berikut

Hasil Cek Saldo Kartu KKS Hari Ini, Bansos Tunai Cair ke 4 Jenis Rekening Bank Berikut
Hasil Cek Saldo Kartu KKS Hari Ini, Bansos Tunai Cair ke 4 Jenis Rekening Bank Berikut. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait hasil cek saldo di kartu KKS pada hari ini, 18 September 2024. Kira-kira hasil cek saldonya seperti apa? Apakah sudah ada saldo yang masuk atau justru masih kosong?

Selain itu, ada juga informasi mengenai dua bantuan yang dicairkan melalui empat jenis rekening bank. Informasi ini khusus untuk KPM yang terdaftar dalam SK penetapan penerima bantuan dari dua kementerian.

Kartu KKS adalah alat untuk melakukan transaksi pencairan bantuan sosial PKH dan BPNT yang dilakukan secara non-tunai melalui rekening bank. Untuk pencairan bantuan secara tunai, biasanya dilakukan melalui PT Pos Indonesia, yang sekarang juga sedang beralih ke sistem kartu KKS.

Namun, saat ini pencairan melalui PT Pos masih tertunda karena pihak bank penyalur masih dalam proses. Oleh karena itu, untuk KPM yang pencairannya beralih dari pos ke kartu KKS, harap bersabar dan berdoa agar proses ini segera selesai dan bantuan bisa dicairkan.

Saat ini, kita fokus pada hasil cek saldo kartu KKS yang pencairannya dilakukan penuh melalui kartu KKS. Berdasarkan pantauan dari akun SIKS NG para pendamping sosial, hingga saat ini untuk periode September-Oktober 2024 masih belum ada proses pencairan. Dengan kata lain, saldo bantuan untuk bulan ini belum masuk ke kartu KKS KPM.

Jadi, bagi KPM yang mencoba mengecek saldo kartu KKS-nya, entah dari Bank BRI, Mandiri, BNI, atau BSI, saldo bantuan PKH atau BPNT untuk periode ini masih kosong. Hal ini dikarenakan proses verifikasi dari pihak terkait masih belum dilakukan.

Kami menyarankan untuk tidak perlu sering-sering mengecek saldo kartu KKS, karena prosesnya belum berjalan. Ceklah secara berkala hanya setelah ada instruksi dari pendamping sosial atau informasi yang valid mengenai pencairan bantuan.

Berikutnya, ada dua bantuan yang dicairkan melalui empat jenis rekening bank, khusus bagi KPM yang terdaftar dalam SK penetapan penerima bantuan dari dua kementerian.

Bantuan pertama berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan ini untuk siswa-siswi yang masuk dalam SK nominasi penerima PIP tahun 2024 dan sudah melakukan aktivasi rekening simpel mereka sebelum 30 Juni 2024.

Bantuan ini disalurkan melalui Bank BRI untuk jenjang SD-SMP dan Bank BNI untuk jenjang SMA/SMK sederajat, dengan nominal Rp450.000 untuk SD, Rp750.000 untuk SMP, dan Rp1.000.000 untuk SMA/SMK.

Bantuan kedua berasal dari Kementerian Sosial, yaitu bantuan Atensi YAPI (Yatim Piatu) yang disalurkan melalui Bank Mandiri. Besar bantuannya adalah Rp400.000 untuk alokasi bulan Juli-Agustus 2024. Bantuan ini khusus untuk anak-anak yatim atau yatim piatu yang terdaftar sebagai penerima bantuan Atensi YAPI.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index