Nama-Nama KPM PKH yang Masuk Data Final Pencairan Sudah Bisa Dicek, 4 bantuan Cair Hari Ini!

Nama-Nama KPM PKH yang Masuk Data Final Pencairan Sudah Bisa Dicek, 4 bantuan Cair Hari Ini!
Nama-Nama KPM PKH yang Masuk Data Final Pencairan Sudah Bisa Dicek, 4 bantuan Cair Hari Ini. (Freepik)

RUANGBOGOR -- Berikut adalah informasi tentang nama-nama KPM PKH yang sudah masuk data final pencairan. Bantuan yang dicairkan paling sedikit sebesar Rp225.000. Ada empat jenis bantuan yang dicairkan hari ini. Selamat kepada KPM yang menerima pencairan pada tanggal 20 September 2024.

Seperti yang kita ketahui, KPM penerima manfaat bantuan sosial PKH terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan mekanisme pencairan. Ada yang dicairkan penuh lewat kartu KKS, dan ada yang merupakan peralihan dari pos ke kartu KKS.

Pencairan penuh lewat KKS berlaku untuk alokasi September-Oktober 2024, dan datanya sudah muncul di menu PKH pada bagian evaluasi komponen dan final closing, meski nama-nama KPM belum ditampilkan.

Kelompok kedua adalah yang pencairannya dilakukan setiap 3 bulan, yakni Juli-September 2024. Nama-nama KPM PKH sudah masuk data final closing dan bisa dicek oleh pendamping sosial atau operator.

Data ini akan muncul sesuai periode salur final closing ketika diklik, menampilkan nama KPM serta komponennya seperti ibu hamil, balita, lansia, disabilitas berat, serta komponen pendidikan SD, SMP, dan SMA.

Nominal bantuan yang diterima bervariasi, mulai dari Rp225.000 untuk siswa SD, Rp375.000 untuk siswa SMP, Rp500.000 untuk siswa SMA, Rp600.000 untuk lansia atau disabilitas berat, hingga Rp750.000 untuk ibu hamil dan balita.

Selain itu, terdapat empat jenis bantuan sosial yang dicairkan pada hari ini, yaitu:

1. Bantuan untuk keluarga rawan stunting berupa 1 kg daging ayam dan 10 butir telur, diperuntukkan bagi 1,4 juta keluarga rawan stunting. Proses penyalurannya melalui PT Pos Indonesia.
  
2. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa-siswi yang masuk nominasi penerima PIP. Nominal bantuan berbeda-beda, SD mendapat Rp450.000, SMP Rp750.000, dan SMA/SMK Rp1,8 juta.
  
3. Bantuan Atensi Yatim Piatu untuk alokasi Juli-Agustus 2024 dengan nominal Rp400.000. Bantuan ini bisa dicek melalui ATM terdekat.
  
4. Bantuan BLT Dana Desa sebesar Rp300.000 per bulan. Desa mencairkan untuk alokasi bulan September, tahap ke-9.

Itulah empat bantuan sosial yang dicairkan pada hari ini, Jumat, 20 September 2024. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa di video berikutnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index