Status Terbaru PKH BPNT di SIKS NG, Ada Update Pencairan 5 Bansos Hari Ini

Status Terbaru PKH BPNT di SIKS NG, Ada Update Pencairan 5 Bansos Hari Ini
Status Terbaru PKH BPNT di SIKS NG, Ada Update Pencairan 5 Bansos Hari Ini. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Kali ini kami akan membagikan informasi terkait pencairan bantuan sosial pada tanggal 23 September 2024. Terpantau ada lima jenis bantuan yang kembali dicairkan oleh pemerintah, baik melalui bank penyalur, PT Pos Indonesia, maupun penyaluran langsung oleh desa.

Dalam artikel ini akan diinformasikan mengenai update status bantuan PKH dan BPNT, baik yang dicairkan penuh melalui kartu KKS periode September-Oktober, maupun yang peralihannya dari pos ke kartu KKS untuk periode Juli-September.

Berikut adalah lima jenis bantuan sosial yang dicairkan pada hari ini:

1. Bantuan Tambahan Gizi untuk Keluarga Rawan Stunting (KRS)

Bantuan ini diberikan kepada 1,4 juta KRS yang terdata di BKKBN, mayoritas penerima adalah keluarga dengan anak balita berusia 0-6 tahun yang terdaftar sebagai rawan stunting.

Bantuan berupa 1 kg daging ayam dan 10 butir telur, yang seharusnya disalurkan selama 6 bulan dari Januari hingga Juni 2024. Namun, hingga September ini baru tahap ketiga yang dicairkan karena keterbatasan stok di PT ID Food.

Penyalurannya dilakukan melalui PT Pos Indonesia, dan penerima akan diberi undangan berbarcode yang wajib dibawa saat pengambilan bantuan.

2. Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan PIP untuk siswa yang terdaftar di SK nominasi 2024 dan telah mengaktifkan rekeningnya hingga 30 Juni. Bagi siswa yang belum mengambil bantuannya, silakan cek kartu KIP ATM atau kartu ATM simpel mereka.

Pencairannya dilakukan melalui rekening bank: jenjang SD dan SMP di Bank BRI, SMA dan SMK di Bank BNI, serta di Bank BSI untuk Provinsi Aceh.

3. Bantuan Atensi Yatim Piatu

Bantuan sebesar Rp400.000 untuk dua bulan (Juli-Agustus) diberikan kepada anak yatim piatu yang terdaftar di DTKS. Penyalurannya melalui rekening Bank Mandiri. Penerima yang telah memiliki kartu ATM bantuan ini bisa segera mengecek saldonya.

4. BLT Dana Desa (BLT Miskin Ekstrem)

Bantuan sebesar Rp300.000 per bulan diberikan kepada warga yang ditetapkan desa sebagai penerima, terutama mereka yang tergolong miskin ekstrem dan belum pernah menerima bantuan sosial lainnya. Penyalurannya diserahkan langsung kepada masing-masing desa.

5. Bantuan Permakanan

Bantuan ini berupa makanan siap konsumsi yang disalurkan setiap hari kepada lansia atau penyandang disabilitas. Proses pengiriman dilakukan oleh kelompok masyarakat di masing-masing kecamatan sebelum jam 10 pagi.

Penerima bantuan ini tidak boleh berasal dari penerima PKH atau BPNT, karena menerima bantuan permakanan akan menyebabkan bantuan PKH atau BPNT mereka dihentikan.

Dari kelima jenis bantuan ini, bantuan PKH dan BPNT tidak termasuk yang dicairkan pada hari ini. Jika ada penerima yang saldo kartu KKS-nya bertambah, itu adalah pencairan susulan untuk periode Juli-Agustus 2024.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index