Hore! PKH BPNT Spetember Oktober 2024 Sudah SPM Semua Tinggal Tunggu Cair, Begini Update di SIKS NG

Hore! PKH BPNT Spetember Oktober 2024 Sudah SPM Semua Tinggal Tunggu Cair, Begini Update di SIKS NG
Hore! PKH BPNT Spetember Oktober 2024 Sudah SPM Semua Tinggal Tunggu Cair, Begini Update di SIKS NG. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Pencairan bantuan PKH dan BPNT untuk alokasi September–Oktober 2024 kapan ya segera masuk rekening penerima Bansos? Mungkin pertanyaan ini banyak dipikirkan orang-orang.

Hari ini, tanggal 28 September 2024, proses pencairan PKH dan BPNT untuk dua bulan sudah semakin dekat. SPM (Surat Perintah Membayar) sudah diproses, tinggal menunggu SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), kemudian dilanjutkan SII (Standing Instruction), dan dana akan segera cair.

Pertanyaan yang muncul, apakah alokasi PKH untuk November–Desember 2024 juga akan cair? Untuk menjawab hal ini, para penerima manfaat (KPM) diminta menyiapkan kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dari sekarang.

Berdasarkan pantauan terbaru, sejak tadi malam, keterangan SP2D untuk bantuan PKH dan BPNT alokasi September–Oktober 2024 sudah menunjukkan status SPM.

Artinya, Kementerian Sosial telah menerbitkan surat perintah pembayaran. Setelah SPM terbit, langkah berikutnya adalah penerbitan SP2D, yang mencakup nama-nama KPM yang akan menerima bantuan beserta nominalnya.

Setelah SP2D muncul, pihak Kementerian Sosial akan menerbitkan SII, yakni instruksi pemindahbukuan dari rekening pemberi bantuan ke rekening KPM. Bank penyalur, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, atau BSI, akan menerima instruksi ini dan menyalurkan dana ke rekening KPM sesuai dengan data di SP2D.

Biasanya, dalam proses ini, ada tahapan yang kadang muncul secara berurutan, yaitu SP2D dan SII, tetapi kadang juga bisa tidak teratur.

Para KPM disarankan untuk mengikuti proses pencairan ini dengan sabar. Status SPM sudah ada, tinggal menunggu beberapa langkah lagi seperti SP2D dan SII sebelum akhirnya dana cair. Jika tidak cair di akhir September, besar kemungkinan bantuan akan cair di awal Oktober.

KPM juga harus memastikan kartu KKS dalam kondisi siap, karena kartu ini sangat penting untuk melakukan transaksi pencairan bantuan. Jika ada masalah dengan kartu KKS, seperti lupa PIN atau kartu hilang, segera laporkan ke bank penyalur untuk mendapatkan solusi, misalnya dengan pembuatan kartu baru.

Bagi KPM yang hanya memiliki kartu KKS tanpa buku rekening, penting untuk menjaga kartu ini agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain.

Selanjutnya, terkait bantuan PKH untuk alokasi November–Desember 2024, status final closing sudah muncul, namun nama-nama KPM belum terdaftar. Artinya, Kementerian Sosial masih fokus pada pencairan periode September–Oktober.

Jadi, bagi KPM yang menunggu pencairan periode November–Desember, tidak perlu terlalu berharap bantuan ini segera cair dalam waktu dekat. Fokus utamanya masih pada pencairan September–Oktober.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index