Penting! Update Pencairan PKH BPNT, KPM Pos ke KKS Dikabarkan Ada yang Cair

Penting! Update Pencairan PKH BPNT, KPM Pos ke KKS Dikabarkan Ada yang Cair
Penting! Update Pencairan PKH BPNT, KPM Pos ke KKS Dikabarkan Ada yang Cair. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Update mengenai saldo yang masuk ke kartu KKS untuk bantuan PKH dan BPNT periode September-Oktober 2024 sudah bertebaran di mana-mana. Khususnya bagi penerima PKH yang dialihkan dari pos ke kartu KKS periode Juli-September 2024.

Dilaporkan sudah ada beberapa penerima yang cair saldonya, dan ini menjadi kabar baik, terutama bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang sebelumnya bantuan mereka belum sesuai. Misalnya, anak yang sudah masuk SMP tetapi bantuannya masih dihitung untuk SD. Pada periode September-Oktober ini, bantuan dilaporkan sudah mulai disesuaikan.

Update terbaru mengenai saldo KKS yang masuk siang ini terpantau didominasi oleh kartu KKS yang diterbitkan oleh Bank Mandiri, diikuti oleh Bank BRI. Kedua bank ini mendominasi penyaluran bantuan sosial, terutama untuk periode September-Oktober 2024.

Bagi KPM, baik di luar Jawa maupun di Jawa, yang kartunya diterbitkan oleh Bank BRI dan Mandiri, silakan cek saldo KKS secara berkala melalui mesin ATM, agen bank terdekat, atau aplikasi m-banking.

Jika setelah pengecekan saldo masih kosong, harap bersabar karena pencairan dilakukan bertahap. Selain itu, terus berdoa agar tetap ditetapkan sebagai penerima bantuan PKH periode ini.

Untuk Bank BNI, terpantau hanya ada saldo BPNT sebesar Rp400.000 yang masuk pada tanggal 2-3 Oktober 2024. Sedangkan untuk bantuan PKH dari BNI, belum ada informasi mengenai pencairan. Sementara itu, untuk Bank BSI, baik PKH maupun BPNT masih sangat minim informasi saldo yang masuk.

Perlu diketahui, beberapa KPM yang beralih dari pos ke kartu KKS Mandiri melaporkan bahwa saldo bantuan PKH mereka sudah cair, meskipun BPNT belum. Nominal bantuan PKH yang cair bervariasi, mulai dari Rp750.000 hingga Rp975.000, tergantung pada komponen yang diterima, seperti balita dan anak SD.

Bagi KPM yang baru saja menerima kartu KKS, disarankan untuk menunggu instruksi dari pendamping PKH setempat sebelum mencairkan bantuan. Jika ada saldo yang masuk, alangkah baiknya segera menginformasikan kepada pendamping PKH.

Bagi KPM yang bantuannya sudah sesuai, mereka melaporkan bahwa komponen bantuan, seperti anak yang sudah masuk SMP, kini sudah sesuai dengan jenjang pendidikan mereka. Ini menjadi kabar baik bagi yang sebelumnya masih mendapatkan bantuan untuk jenjang SD.

Semoga bagi KPM yang kartunya dari Bank BNI dan BSI, serta yang belum cair di Bank Mandiri dan BRI, segera menyusul menerima bantuannya.

#Bansos

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index