Mengenal Penyakit Kolesistitis yang Bikin Park Shin Hye Pingsan di Tengah Jalan hingga Hampir Ketabrak Truk, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Mengenal Penyakit Kolesistitis yang Bikin Park Shin Hye Pingsan di Tengah Jalan hingga Hampir Ketabrak Truk, Apa Penyebab dan Gejalanya?
Park Shin Hye memainkan peran sebagai Nam Ha Neul dalam drama Korea Doctor Slump. Sumber foto: Hancinema.net

RUANGBOGOR.COM - Masih ingat adegan Park Shin Hye pingsan di tengah jalan hingga hampir ketabrak truk? Saat itu Park Shin Hye menderita sakit kolesistitis.

Adegan dramatis itu terjadi dalam drama Korea Doctor Slump. Park Shin Hye yang berperan sebagai Nam Ha Neul merintih kesakitan sambil memegangi perutnya.

Ia ambruk di tengah jalan karena sudah tidak tahan dengan rasa sakit yang dirasakannya.

Bahkan saat itu Park Shin Hye hampir meregang nyawa bukan hanya karena menderita kolesistitis tetapi karena hampir ketabrak truk.

Kolesistitis memang bukan penyakit yang bisa dianggap remeh, karena penyakit itu bisa membuat nyawa seseorang melayang.

Salah satu produser ternama Korea Selatan, Na Young Seok yang akrab disapa Na PD menceritakan betapa sakitnya saat dirinya menderita penyakit tersebut.

"Saya merasa seluruh tubuh saya kesakitan. Saya menderita batu saluran kemih, dan rasa sakitnya sepertinya mirip dengan itu. Saya terjatuh sekitar tiga kali. Jika ada batu yang menghalangi area ini, rasanya sangat sakit," ujar Na PD dilansir RUANGBOGOR.COM dari spotvnews.co.kr.

Aktor Korea Selatan Ryu Seung Soo sependapat dengan pernyataan Na PD bahwa kolesistitis adalah penyakit yang sangat menyiksa.

Seung Soo bahkan sampai naik ke meja operasi karena ada 1,7 cm batu di saluran kemihnya.

Gejala awal yang dirasakan Ryu Seung Soo saat itu adalah warna urin yang berubah seperti minuman bersoda yang dicampir dengan air.

"Selama 16 tahun terakhir, saya dibawa ke ruang gawat darurat setahun sekali karena batu saluran kemih, dan saya menderita 16 kali saluran kemih. batu saja. Saya menjalani operasi untuk menghilangkan batu ginjal di musim panas," kata Seung Soo.

Apa itu Kolesistitits?

Kalau memang rasa sakitnya sedahsyat itu, sebenarnya apa sih itu kolesistitis? Kemudian apa penyebab dan gejalanya? Yuk kita bahas dengan tuntas.

Dilansir dari hopkinsmedicine, kolesistitis adalah kemerahan dan pembengkakan (peradangan) pada kantong empedu.

Penyakit itu terjadi erjadi ketika cairan pencernaan yang disebut empedu terperangkap di dalam kantong empedu.

Kandung empedu adalah organ kecil di bawah hati. Kantung tersebut menampung cairan empedu yang diproduksi oleh hati.

Biasanya empedu mengalir keluar dari kantong empedu dan masuk ke usus kecil.

Namun, jika empedu tersumbat maka cairan tersebut akan menumpuk di kantong empedu.

Hal ini menyebabkan peradangan dan dapat menyebabkan infeksi. Kolesistitis bisa terjadi secara tiba-tiba (akut) atau jangka panjang (kronis).

Gejala dan Cara Mencegah Kolesistitis

Selain nyeri perut seperti yang dialami oleh Park Shin Hye dalam drama Korea Doctor Slump, penyakit ini memiliki gejala-gejala seperti berikut:

- Sakit perut yang terasa menusuk dan memburuk saat menarik napas panjang

- Mual, muntah, kembung, dan nafsu makan hilang

- Demam lebih dari 38 derajat Celcius

- Kulit dan bagian putih mata menjadi kuning

- Tinja berwarna seperti tanah liat atau pucat

- Benjolan di perut saat diraba

Kolesistitis sulit dicegah, terutama kolesistitis akut. Namun, risiko terjadinya kolesistitis bisa dikurangi dengan melakukan beberapa upaya.

Upaya pertama yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan.

Upaya kedua membatasi asupan makanan tinggi lemak, menjaga berat badan ideal.

Upaya lainnya adalah menurunkan berat badan secara bertahap bagi yang obesitas dan berolahraga secara rutin.***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index