Wisata Tangerang

5 Rekomendasi Mini Zoo di Tangerang, Wisata Edukasi yang Bikin Anak Happy!

5 Rekomendasi Mini Zoo di Tangerang, Wisata Edukasi yang Bikin Anak Happy!
Ilustrasi Mini Zoo Tangerang. Sumber foto: pixabay/remo-puls

RUANGBOGOR.COM - Wisata ke Tangerang tidak cuma ke mall, ocean park, atau taman kota saja. Ada banyak mini zoo yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Mini zoo adalah sebuah tempat yang menampilkan berbagai jenis binatang dalam skala yang lebih kecil dibandingkan dengan kebun binatang tradisional.

Biasanya mini zoo berlokasi di kawasan perkotaan atau taman rekreasi dan memiliki koleksi binatang yang relatif kecil. Tujuan dari mini zoo adalah untuk memberikan pengalaman belajar dan hiburan kepada pengunjung, serta meningkatkan kesadaran akan keanekaragaman hayati.

Mini zoo seringkali menampilkan berbagai jenis burung, reptil, mamalia kecil, dan aneka satwa lainnya.

Penasaran mini zoo mana saja yang bisa dikunjungi di Tangerang? Yuk simak rekomendasinya.

1. Branchsto Equestrian Park, BSD

Alamatnya ada di Jl. BSD Raya Pusat, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten 15339.

Dilansir dari akun TikTok @mariskaaregina, untuk wisata di Branchsto tidak perlu membayar tiket masuk karena harga tiket masuk (HTM) gratis.

"Jadi di sini memang gratis biaya masuk karena bayarnya per aktivitas saja. Contohnya saat mau masuk ke pet corner, pengunjung dikenakan tarif Rp25 ribu itu sudah termasuk sayuran untuk memberi makan hewan," ujar Mama Ika & Kyara.

"Tempatnya menurutku lumayan bersih, cuma karena ini outdoor jadi cukup panas ya. Meskipun ada banyak kuda tetapi gak terlalu bau kuda," sambungnya lagi.

Branchsto sekaligus jadi tempat wisata edukasi karena anak-anak bisa melihat langsung kuda, kura-kura, kelinci, dan burung.

2. Jasmine Park

Ini merupakan tempat wisata baru loh karena baru pertama kali dibuka pada Mei 2023 lalu. Harga tiket masuk (HTM) nol rupiah alias gratis. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai koleksi hewan di mini zoo.

Anak-anak sangat suka jalan-jalan di area Jasmine Park sambil melihat merak, bunglon, landak, bajing tiga warna, burung unta, dll. Tentunya ini jadi salah satu sarana edukasi juga ya untuk anak-anak agar mereka bisa mengenal berbagai jenis hewan.

Pengunjung juga bisa loh memberi makan satwa di sini, tetapi akan dikenakan tarif kurang dari Rp30 ribu.

3. Taman Burung Kota Tangerang

Lokasinya ada di di Jalan Moch. Yamin, Babakan, Kota Tangerang. Sama dengan Jasmine Park dan Branchsto Equestrian Park, Taman Burung Kota Tangerang memiliki HTM gratis.

Ada berbagai jenis burung yang bisa dilihat di Taman Burung Kota Tangerang. Ada petugas yang akan memandu dan menjelaskan aneka burung yang ada. Meskipun ini gratis, jangan lupa untuk selalu menjaga fasilitas umum ya.

4. Ciater Park

Alamatnya ada di Jalan Ciater Barat Nomor 64, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan.

Tempat wisata ini buka setiap hari sari pukul 09.00 - 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke Ciater Park Rp25.000 per orang, sudah termasuk pakan hewan.

Tempat wisata ini baru saja dibuka pada Desember 2023 lalu, cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anak-anak bisa berinteraksi dengan aneka satwa seperti kelinci, kura-kura, burung, dan rusa.

Ciater Park juga memiliki kafe dan restoran yang menyajikan berbagai makanan dan minuman lezat, dan tersedia area duduk indoor dan outdoor.

5. The Nice Garden Serpong

Alamatnya ada di jalan Serpong keramat tajug, Cilenggang, Kec. Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten 15314. Tempat wisata ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu dari pukul 09.00 pagi hingga 21.00 WIB.

The Nice Garden Serpong baru di buka tanggal 23 Desember 2023. Mulai dari mini zoo, playground, hingga resto ada di sini.

Anak-anak bisa berinteraksi dengan burung, domba, dan satwa lainnya. Tersedia juga playground outdoor dan indoor yang membuat anak-anak betah bermain. Puas bermain di playground dan mini zoo, pengunjung bisa makan di resto The Nice Garden Serpong.

Itulah lima rekomendasi mini zoo di Tangerang, kamu tertarik untuk berkunjung ke mana nih?***

#wisata Tangerang

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index