Wisata Religi Jakarta

5 Wisata Religi Terkenal di Jakarta, Ada Masjid Terbesar di Asia Tenggara hingga Replika Blue Mosque Turki

5 Wisata Religi Terkenal di Jakarta, Ada Masjid Terbesar di Asia Tenggara hingga Replika Blue Mosque Turki
Masjid Istiqlal Terbesar di Asia Tenggara Jadi Salah Satu Rekomendasi Wisata Religi di Jakarta. Sumber foto: youtube.com/@Presiden Joko Widodo

RUANGBOGOR.COM - Bagi pecinta wisata religi, Jakarta menawarkan sejumlah masjid yang tak hanya indah secara arsitektural, tetapi juga sarat akan nilai-nilai keagamaan.

Deretan Masjid terkenal di Jakarta bisa jadi destinasi wisata religi di hari-hari terakhir Ramadan 2024. Dari replika Blue Mosque Turki hingga Masjid terbesar di Asia Tenggara, inilah 5 masjid keren yang wajib kamu kunjungi di Jakarta:

1. Masjid Jami Al Fajri

Lokasinya pun gak jauh dari pusat kota, jadi gampang banget buat dikunjungi. Alamat tepatnya ada di Jalan Masjid Al Fajri No 17, RT 18/RW 01, Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Masjid Jami Al Fajri merupakan replika Masjid Sultan Ahmed alias Blue Mosque Turki yang sangat ikonik di Istanbul. Buat yang belum tahu, UNESCO menetapkan Blue Mosque sebagai salah satu situs warisan Dunia.

Masjid megah ini punya arsitektur yang keren banget, dengan kubah biru yang memukau serta detail dekorasi yang bikin mata terpesona.

Menariknya, Masjid Jami Al Fajri dibangun menyerupai Masjid Sultan Ahmed oleh Ir. H. Nasrum Ismail, seorang arsitek senior dari Universitas Indonesia.

2. Masjid Istiqlal

Alamatnya ada di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. Masjid ini bukan hanya jadi landmark kota Jakarta, tapi juga menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara, loh.

Dengan desain arsitektur yang megah dan ruang sholat yang luas, Masjid Istiqlal menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam bagi pengunjungnya.

Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal juga sering digunakan sebagai tempat perayaan dan upacara lintas agama. Hal ini mencerminkan semangat toleransi dan keberagaman yang menjadi salah satu nilai penting dalam masyarakat Indonesia.

3. Masjid Cut Meutia

Masjid yang satu ini juga enggak kalah keren! Terletak di pusat Jakarta, Masjid Cut Meutia adalah salah satu masjid bersejarah yang memiliki arsitektur yang menawan.

Alamat tepatnya ada di Jl. Taman Cut Mutiah No.1 10, RT.10/RW.5, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350.

Bangunan masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari zaman penjajahan kolonial Belanda.  Bangunan ini dulunya sebuah kantor biro arsitektur dan pengembang bernama N.V. De Bauploeg yang selesai dibangun tahun 1912.

Di Masjid Cut Meutia, kamu akan melihat arsitektur khas Belanda berpadu dengan seni kaligrafi Islam. Berbagai tulisan Arab tampak menghiasi dinding masjid yang kokoh.

4. Masjid Al Azhar

Alamatnya ada di Jl. Sisingamangaraja No.1, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110.

Masid ini digagas oleh 14 tokoh terkemuka Masyumi antaranya adalah Soedirjo, Tan In Hok, Ghozali Sjahlan dan H. Sju’aib Sastradiwirja.

Bermula dari pendirian satu yayasan yang diberi nama Al Azhar pada tahun 1953, gagasan itu kini menjelma menjadi masjid berkapasitas 2500 orang sehingga layak menyandang Masjid Agung.

Masjid dua lantai dengan kubah yang khas itu, di lantai bawahnya bisa diisi oleh 1000 orang, sedang di lantai atas 1500 orang bisa bersholat tanpa berdesak-desakan.

Perkembangan kegiatan pembinaan umat dan syiar Islam di Masjid Agung Al-Azhar tidak terlepas dari peran Imam Besar di masjid ini, yaitu Buya Hamka.

5. Masjid Ramlie Musofa

Lokasinya ada di Blok I / 10, Jl. Danau Sunter Utara Raya Selatan No.12C - 14A, RT.13/RW.16, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350.

Masjid ini dijuluki sebagai Taj Mahal-nya Jakarta karena bentuk bangunannya mirip dengan Taj Mahal di India. Sama seperti Taj Mahal yang dibangun sebagai lambang cinta dari seorang raja kepada sang istri, masjid ini juga didirikan atas dasar kecintaan sang pendiri masjid yang merupakan seorang mualaf beretnis Tionghoa, Haji Ramli Rasidin, kepada keluarganya dan juga kepada agama Islam.

Masjid Ramlie Musofa didominasi dengan warna putih dan lantai berwarna hitam. Tulisan kaligrafi berwarna emas dalam tiga Bahasa, yaitu Mandarin, Indonesia, serta Arab menghiasi sejumlah titik bangunan dan menambah keunikan dari masjid ini.

Itulah lima rekomendasi wisata religi terkenal di Jakarta yang menarik untuk dijunjungi di hari-hari terakhir Ramadan 2024. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kedamaian dan keindahan spiritual di 5 masjid keren ini saat kamu berkunjung ke Jakarta ya!***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index